candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS PPS UNS

Sarwanto Sar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: a) faktor-faktor apakah yangmempengaruhi kemampuan representasi mahasiswa Pendidikan Sains PPS UNS;b) pengaruh kemampuan representasi mahasiswa terhadap performancemahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, karenaperlakuan yang diberikan pada sampel dibatasi pada pemberian pembelajaranberbasis representasi tanpa mengontrol variabel lain yang memungkinkanberpengaruh terhadap variabel terikat. Populasi adalah mahasiswa PendidikanSains PPS UNS yang menempuh matakuliah Problematika Pendidikan Sains. Datadianalisis menggunakan uji beda rerata. Melalui penelitian ini ditemukankelemahan guru/calon guru fisika adalah pada aspek komunikasi verbal danrepresentasi visual, karena pengalaman belajar sebelumnya guru fisika dalammengajar secara monoton diawali dengan memberikan definisi, menjelaskanrumus, memberikan contoh soal, mengerjakan latihan dan terakhir ulangan, yangtidak banyak melakukan komunikasi verbal dan visual. Penggunaan model CTLdalam perkuliahan Problema Pembelajaran Sains memberikan dampak padapengingkatan rerata kemampuan representasi mahasiswa. Perbedaan yangsignifikan kemampuan representasi mahasiswa sebelum dan sesudahpembelajaran dengan CTL terletak pada aspek: memberikan response,kelengkapan gambar, membedakan variable, menghubungkan variable, dankesederhanaan persamaan matematis. Penggunaan media kongkrit memberikandampak lebih baik dari pada media video atau virtual pada representasi verbal danvisual. Penggunaan media kongkrit juga mendukung kelancaran pembelajarandengan model CTL.

Kata Kunci: Representasi verbal, representasi visual, representasi matematis, CTL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.