candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK KALOR PADA SISWA KELAS X SMA

Isnani Hastuti, Surantoro Toro, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikansoal pada materi pokok Kalor. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalammenyelesaikan soal pada materi pokok Kalor. (3) Cara mengatasi penyebab kesalahan siswa dalammenyelesaikan soal pada materi pokok Kalor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatifterhadap siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Karanganyar. Analisis data dilakukan terhadap 10 siswa dari 34siswa kelas X.1. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, metode tes, dan metode wawancara.Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisisdata dan pembahasan disimpulkan : (1) Jenis kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soalmateri pokok Kalor adalah: Kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan strategi, kesalahansistematik, kesalahan hitung, dan soal tidak direspon oleh siswa. (2) Penyebab kesalahan yang dialamisiswa dalam menyelesaikan soal materi pokok Kalor adalah: (a) Penyebab kesalahan konsep: Siswa tidakmemahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mempelajari kembali materi yang belumdipahaminya, siswa tidak berani bertanya kepada guru apabila belum memahami materi, siswa hanyabelajar dari buku catatan yang kurang lengkap, kesiapan siswa yang kurang maksimal, siswa kurang latihansoal yang bervariasi, dan siswa tidak mengikuti pelajaran. (b) Penyebab kesalahan menggunakan data:Siswa kurang teliti dalam membaca soal, siswa tidak tahu lambang/ simbol besaran Fisika, dan siswakurang latihan soal. (c) Penyebab kesalahan strategi: Siswa tidak membaca petunjuk mengerjakan soal,siswa kurang paham dengan apa yang ditanyakan dari soal, dan siswa kurang latihan soal yang bervariasi.(d) Penyebab kesalahan sistematik: Siswa lupa rumus luas permukaan bola. (e) Penyebab kesalahan hitung:Kurangnya pemahaman konsep siswa dalam menghitung dan kurangnya ketelitian siswa dalammenghitung. (e) Penyebab soal tidak direspon oleh siswa: Siswa tidak memahami materi, siswa tidakpaham dengan apa yang diketahui dari soal, siswa kurang latihan soal, dan kesiapan siswa yang kurangmaksimal. (3) Cara mengatasi penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pokokKalor: (a) Bagi guru diharapkan untuk memperbaiki cara mengajarnya agar siswa dapat memahami danmengerti materi yang sedang diajarkan. (b) Bagi guru Fisika diharapkan dapat bekerjasama dengan gurumata pelajaran Matematika untuk dapat memberikan dasar-dasar matematis yaitu mengenai persamaan,pembagian, maupun perkalian. (c) Bagi guru diharapkan lebih kreatif dalam membuat bentuk-bentuk soalsehingga membuat siswa menjadi lebih terampil dalam menyelesaikan soal-soal Fisika. (d) Bagi siswahendaknya aktif dengan selalu menanyakan kepada guru materi yang belum dipahaminya. (e) Bagi siswahendaknya dalam mengerjakan soal lebih meningkatkan konsentrasi dan ketelitian.

Kata kunci: analisis kesalahan, mengerjakan soal, kalor.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.