candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Alifah Anggun Pratiwi, Wahyu Adi, Dini Octoria

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh model problem based learning dan cooperative learning metode jigsaw terhadap prestasi belajar akuntansi siswa, (2) Perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa, (3) Interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian yang diperoleh adalah 22 siswa kelas XI IPS 2 untuk diberikan treatment model problem based learning dan 21 siswa kelas XI IPS 3 untuk diberikan treatment model cooperative learning metode jigsaw. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen, tes tertulis berbentuk essay, tes kinerja dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan analisis variansi dua jalan (anava two way).

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model problem based learning dan cooperative learning metode jigsaw terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (24,677 > 4,17) pada taraf signifikansi 5%; (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (493,285 > 4,17) pada taraf signifikansi 5%; (3) Terdapat interaksi pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini dibuktikan dengan  Fhitung > Ftabel (10,712 > 4,17) pada taraf signifikansi 5%.

Kata Kunci: Problem based learning, cooperative learning metode jigsaw, motivasi belajar siswa, prestasi belajar akuntansi siswa 

 

ABSTRACT

The aims of the research are to find out: (1) The difference of effect problem based learning model and cooperative learning model jigsaw method toward the student achievement in accounting subject matter; (2) The difference  of effect high student’s motivation and low student’s motivation toward the student achievement in accounting subject matter; (3) The Interaction effect between the instructional model and student’s motivation toward the student achievement in accounting subject matter.

.

This study is quantitative research with experimental method. Population of the study are all eleventh year students of state senior high school 1 for social study major in Surakarta. The research sample are selected with simple random sampling technique. The sample consist of XI IPS 2 (22 students) for problem based learning model treatment, and XI IPS 3 (21 students) for cooperative learning model jigsaw method treatment. The instruments used to gather data for the study consist of documents, written test with essay form, performance test, and questionnaire for student’s motivation. The technique of data analysis are descriptive statistic analysis and inferensial statistic analysis. Inferensial statistic analysis by using two path variance analysis.

Based on the result of analysis data was concluded: (1) There is a significant difference effect of problem based learning model and cooperative learning model jigsaw method toward the student achievement in accounting subject matter Fobs > Ftabel (24,677 > 4,17) at  5%  level of significant; (2) There is a significant difference effect of high student’s motivation and low student’s motivation toward the student achievement in accounting subject matter Fobs > Ftabel (493,285 > 4,17) at  5%  level of significant; (3) There is a significant interaction effect between the instructional model and student’s motivation toward the student achievement in accounting subject matter Fobs > Ftabel (10,712 > 4,17) at  5%  level of significant.

Keywords:       Problem based learning, cooperative learning metode jigsaw, motivasi belajar siswa, prestasi belajar akuntansi siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.