candi borobudur kerajaan di indonesia

FAKTOR PEMBENTUK PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2011 DAN 2012 DALAM MEMILIH BIDANG KEAHLIAN KHUSUS PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Fitri Nurmaleny, Sigit Santoso, Nurhasan Hamidi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor-faktor pembentuk persepsi mahasiswa (faktor pengalaman, perasaan, kognitif, motivasi, perhatian, objek persepsi, dan lingkungan) dalam memilih BKK Pendidikan Akuntansi.  Penelitian ini dikategorikan dalam tipe penelitian explanasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebagai subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa BKK PAK angkatan 2011 dan 2012 yang berjumlah 134. Pengujian hipotesis   menggunakan analisis regresi sederhana. Simpulan penelitian adalah  ketujuh variabel mempunyai nilai signifikan dibawah 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa tujuh faktor (faktor pengalaman, perasaan, kognitif, motivasi, perhatian, objek persepsi, dan lingkungan) mempunyai pengaruh positif terhadap pembentukan persepsi mahasiswa dalam mengambil keputusan memilih BKK Pendidikan Akuntansi. Dari ketujuh variabel tersebut yang mempunyai pengaruh paling kuat yaitu faktor motivasi.

Kata Kunci: pengalaman, perasaan, kognitif, motivasi, perhatian, objek persepsi, lingkungan, persepsi

 

ABSTRACT 

The objective of research is about to study the factors of creating student perception (experience, feeling, cognitive, motivation, attention, perception object, and environment) in choosing BKK of Accounting Education. This study is categorized into explanation research type with quantitative approach. The population of research was the 2011 and 2012 generations of accounting education students consisting 134 students. The hypothesis testing was conducted a simple regression analysis. The conclusion of this research is the seven variables had significant value less than 0.05, so that it could be stated that the seven factors (experience, feeling, cognitive, motivation, attention, perception object, and environment) affected positively is the creation of student perception in making decision concerning the preference of Accounting Education BKK. Out of seven variables, the one with strongest effect was motivation factor.

Keywords: experience, feeling, cognitive, motivation, attention, perception object, and environment, perception


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.