candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Erny Susilowati, Sigit Santosa, Nurhasan Hamidi

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Kebakkramat melalui penerapan metode pembelajaran  drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek  penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Kebakkramat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi, dan, wawancara. Pengujian validitas data yang diperoleh menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif, analisis kuantitatif-kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran drill dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Kebakkramat.

 

Kata kunci: Metode Drill, Prestasi Belajar, Akuntansi.

 

Abstract. The objectives of research was to know improve the accounting learning achievement of the XI Social Science 1 graders of SMA Negeri Kebakkramat through the application of drill learning method. This study was a Classroom Action Research (CAR). The subject of research was the XI Social Science 1 graders of SMA Negeri Kebakkramat. Techniques of collecting data used were observation, test, and documentation. The data validation was conducted using data and method triangulations, while the data analysis was carried out using descriptive comparative and quantitative-qualitative analyses. Considering the result of research and discussion conducted, it could be concluded that the application of drill learning method could improve the accounting learning achievement of the XI Social Science 1 graders of SMA Negeri Kebakkramat.

 

Keywords: Drill Method, learning Achievement, Accounting


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.