candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS MANAJEMEN KREDIT GUNA MEMINIMALKAN RISIKO KREDIT (Studi pada PD BPR BKK Tasikmadu Karanganyar)

Rafika Lihani, - Ngadiman, Nurhasan Hamidi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis: 1) penerapan manajemen kredit, 2) upaya penyelamatan kredit bermasalah, 3) upaya penyelesaian kredit macet pada PD BPR BKK Tasikmadu Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Strategi yang digunakan adalah strategi tunggal terpancang yaitu memfokuskan pada satu masalah. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik bola salju (snowball sampling) dengan menetapkan informan kunci (key informans). Sumber datanya adalah informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Untuk validitas data, menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.

Simpulan penelitian ini adalah: 1) Penerapan manajemen kredit pada PD BPR BKK Tasikmadu belum terimplementasi secara maksimal. Kurang maksimalnya penerapan manajemen kredit antara lain dalam hal: analisis kredit yang dilakukan kurang maksimal, kurang dipegangnya prinsip kehati-hatian pihak pemutus kredit dan dari segi pengawasan yang diterapkan belum efektif. 2) upaya penyelamatan kredit bermasalah disesuaikan pada kondisi kredit yang bermasalah, penyebab dari terjadinya kredit bermasalah tersebut dan i`tikad baik dari nasabah 3) Penyelesaian kredit macet yang dilakukan berhubungan dengan pencairan jaminan untuk pelunasan kredit, penghapusbukuan dan upaya hukum.

 

Kata Kunci: manajemen kredit, penanganan kredit bermasalah, risiko kredit

ABSTRACT

The aim of this research is to study and analyze: 1) management credit implementation, 2) a saving effort on non performing loans, 3) a solving effort of bad credit on PD BPR BKK Tasikmadu Karanganyar.

This research is used descriptive qualitative approach. Strategi used is single rooted strategy that focuses on one problem. Sampling technique used is sowball sampling with deciding key informants.the data sources used are interview, observation, and document analysis. For data validity, it is used source and method trianggulation. While data analyzing technique used is interactive analysis.

The conclusion of this research is: 1) management credit decided by PD BPR BKK Tasikmadu not implemented maximum. Management credit not maximum it is in case: credit analysis done is not maximum, it is less hold carefulness principle by decision maker and from monitoring was implemented is less effective. 2) an effort of in solving non performing loan adapted on credit condition, cause factor of non performing loan happen, and good will from the customer. 3) Problem solving on bad credit done are related with mortgage liquidation to pay off the credit, clean of account and law effort.

 

Key words: credit management, bad credit solving, credit risk.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.