candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN U-LEAD

Novi Tri Angga, - Sukirman, Sri Sumaryati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media pembelajaran U-Lead pada siswa kelas XI Akuntansi SMK MURNI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2012-2013.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK MURNI 2 SURAKARTA yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dan guru yang melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, masing-masing siklus selama 7 x 45 menit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media pembelajaran U-lead dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Peningkatan terjadi pada siklus I meskipun belum optimal. Perbaikan dilakukan pada siklus II yang menyebabkan ketrampilan guru, hasil belajar akuntansi siswa meningkat dan memenuhi indikator ketercapaian yang telah ditetapkan.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media pembelajaran U-lead dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMK MURNI 2 SURAKARTA.

 

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, tipe STAD, dan media U-lead

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to improve the learning result of accounting by using approach of cooperative learning type Student Team Achievement Division (STAD) with U-Lead media learning on students class XI Accountancy of SMK MURNI 2 SURAKARTA academic year 2012-2013.

This research is classroom action research. Object of this research is students class XI Accountancy of SMK MURNI 2 SURAKARTA totaling 24 students. This research was conducted with collaboration between researcher and teacher who involving participation students. Technique collection data was conducted with observation, interview, documentation, and test. This research was conducted in two cycles, each cycle consist of four phases. They are: (1) Action planning, (2) Implementation of the action, (3) Observation, and (4) Analysis and reflection. Each cycle was conducted in three sessions, each cycle for 7 x 45 minute.

The result ot the research showed that the implementation of STAD cooperative learning approach with u-lead learning media can improve learning outcomes accountancy. The improvement happend in first cycle although it is not optimal yet. Improvements were made in the second cycle leading to teacher skills, increased student learning outcomes and meet accounting achievement of predetermined indicators.

The research conclusion that the applying application of STAD cooperative learning approach with u-lead learning media can improve learning outcomes in class XI accountancy of SMK MURNI 2 SURAKARTA.

 

Keyword: Learning outcomes, Cooperative learning, STAD type, and U-lead media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.