candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Agustina Dwi Respati, Wahyu Adi, - Muhtar

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan peneliti, guru mata pelajaran akuntansi, dan siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain informan, tempat penelitian, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pengujian validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terbagi dalam 3 komponen berurutan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari sebelum tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran sebelum tindakan berpusat pada guru sehingga keaktifan siswa kurang yang berdampak pada kurangnya pemahaman siswa yang membuat prestasi belajar kurang. Peningkatan terjadi pada siklus I. Keaktifan dan prestasi belajar siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan keaktifan dan prestasi belajar siswa meningkat menjadi tinggi.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Surakarta tahun 2012/2013.

Kata kunci : Prestasi Belajar. Mata Pelajaran Akuntansi. TGT


ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the increase in student’s achievement in the subjects of accounting after implementing cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT) in class X AK 1 SMK Negeri 1 Surakarta academic year 2012/2013.

This research is a classroom action research (CAR), which was conducted in two cycles. The research was conducted by involving researchers, accounting teachers, and students. The data Sources used in this study include informants, place of research, events, and documents. Data were collected through observation, interviews, documentation, and testing. The testing of the data validity uses triangulation techniques and triangulation methods. Analysis of data uses qualitative data analysis techniques that are divided into 3 components: data reduction, data presentation, and conclusion.

The results showed that through the application of cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT) can improve student achievement from pre-action to the first cycle I to cycle II. Since Learning process before the action centered on the teachers so that the students are not fully involved thereby it influenced the student understanding that makes their achievement reduce. The student improvement occured in cycle I. The student activity and achievement increased, although not optimal. The implementation of the second cycle higly increased the students achievement.

Conclusion of this research is that the application of cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT) can improve the student achievement in accounting subjects in class X AK 1 SMK Negeri 1 Surakarta in 2012/2013.

 

Keywords: Learning Achievement. Accounting Subjects. TGT

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.