candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA DI SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012

Agus Ardiyanto, Sigit Santosa, - Sudiyanto

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah penerapan model kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan penerapan model konvensional terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental dengan rancangan Matched Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling, yang sebelumnya dilakukan uji keseimbangan. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan awal menggunakan teknik dokumentasi, yaitu dari nilai ulangan kompetensi akuntansi sebelumnya. Sedangkan pengumpulan data untuk nilai akhir menggunakan tes objektif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh harga Me = 85,057 dan Mk = 76,800. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan t-test diperoleh thitung menunjukkan nilai sebesar 4,715 dan ttabel menunjukkan nilai 1,998, pada taraf signifikansi 5% dan db = 67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel atau 4,715 > 1,998. Hal tersebut dapat diartikan bahwa nilai rata-rata akhir kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata akhir kelompok kontrol. Berdasarkan analisis dan pembahasan diatas, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Model kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa di SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2011/ 2012” teruji kebenarannya dan diterima.

ABSTRACT

The purpose of this research is to know that teaching used cooperative learning jigsaw type is more effective than conventional mode in learning achievement on accounting for the students at SMAN 2 Karanganyar. The research use experiment method with matched group design way. The population of this research is the students of XI Social Class at SMA Negeri 2 Karanganyar. About data collection, in the first skill is used documentation technique. It means taken from the value of sub competence before. The researcher used objective test to measure the students learning achievement. In this research using analize teqnique statistic t-test. Based on the result of the research found the value of Me = 85,057 and Mk = 76,800. Based on account that have been done used t-test found tcount value about 4,715 and ttable value about 1,998, in signifikan step 5% and db = 67. It means that experiment group having average last score rather than control group. Based on the analize, it can be concluded that the hypothesis which states “Cooperative learning jigsaw type is more effective than conventional mode in learning achievement on accounting at SMA Negeri 2 Karanganyar” is validated and accepted.

 

Key Words: cooperative, jigsaw, conventional, learning achievement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.