candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGELOLAAN KELAS OLIMPIADE DI SMA SEMESTA SEMARANG

Welius Purbonuswanto

Abstract


 

Abstract: This study aims to: (1) describe the class management planning olimpiadedi SMA Semesta Semarang. (2) describe the implementation of the management of the Olympic classes in high school Semarang Universe. (3) describe the evaluation of classroom management at SMA Semesta Semarang Olympics.This study uses qualitative research method using descriptive analytical approach. Data collected in the form of words, pictures, behavior. This study is qualitative research using inductive data analysis. The results of this study, (1) Planning Classroom Management Olympics in SMA Semesta Semarang, classroom management planning and the Olympics in SMA Semesta Semarang, starting with the preparation of the RPP which refers to the standard of competence and basic competencies in the curriculum. The preparation of lesson plans submitted to the classroom teacher, except for religious studies and sports, because of the subject areas taught by specialized teachers. (2) Implementation of the Olympic Games in High School Classroom Management Semesta Semarang Implementation begins, the teacher opened the activity with the greeting. Activities conducted open lessons varies among others, is to explain the lesson plan about the subject matter, hooking earlier material, and with a pretest. The method used in the study is not only using contextual method but also using the methods of lecture and question and answer, discussion groups as well as with the help of the media. (3) Barriers faced Classroom Management and the Olympics in the high school classroom management Semaran Universe and the Universe Disma Olympics Semarang is still limited to the subjects and issues only. Limitations due to lack of facilities and infrastructure to support such damaged classrooms and natural conditions around that sometimes does not support in learning

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendiskripsikan perencanaan pengelolaan kelas olimpiadedi SMA Semesta Semarang.(2) mendiskripsikan pelaksanaan pengelolaan kelas olimpiade di SMA Semesta Semarang.(3) mendiskripsikan evaluasi pengelolaan kelas olimpiade di SMA Semesta Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, tingkah laku. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif menggunakan analisis data secara induktif. Hasil dari  penelitian ini, (1) Perencanaan Pengelolaan Kelas Olimpiade di SMA Semesta Semarang, Perencanaan pengelolaan kelas dan Olimpiade di SMA Semesta Semarang, diawali dengan penyusunan RPP yang mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum. Penyusunan RPP diserahkan kepada guru kelas, kecuali bidang studi agama dan olahraga, karena bidang studi tersebut diampu oleh guru khusus. (2) Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Olimpiade di SMA Semesta Semaran Pelaksanaan diawali, guru membuka kegiatan dengan mengucapkan salam. Kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan bervariasi antara lain adalah dengan menjelaskan rencana pembelajaran tentang materi pokok, mengaitkan materi sebelumnya, dan dengan pretes. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah tidak hanya menggunakan metode kontekstual tetapi juga menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, diskusi kelompok serta dengan bantuan media. (3) Hambatan yang dihadapi Pengelolaan Kelas dan Olimpiade di SMA Semesta Semarang, Pengelolaan kelas dan olimpiade di SMA Semesta Semarang hingga saat ini masih terbatas pada mata pelajaran dan pokok bahasan tertentu saja. Keterbatasan disebabkan karena sarana dan prasarana yang kurang mendukung seperti ruang kelas yang rusak dan kondisi alam sekitar yang terkadang tidak mendukung dalam pembelajaran

 

Kata kunci : olimpia; pengelolaan; SMA Semesta


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054