candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Dedik Subroto, Slameto Slameto

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the improvement of student learning outcomes in mathematics through learning methods Problem Solving Grade 4 SDN Ngrawan Semarang District 02 subdistrict Getasan second semester of academic year 2015/2016. This research is a classroom action research (PTK). Model class action research model was used Arikunto using two cycles, each cycle consists of 3 phases: 1). Action planning stage. 2). Implementation of actions and observations. 3). Reflection activity. The subjects were
4th grade students of SDN 02 Getasan Ngrawan Kab. Semarang totaling 21 siswa.penilitian there are two cycles, each cycle consisting of three meetings. The data collection technique is a technique test and non test. Assessment instruments used to use observasi.pada sheet items and pre-cycle average value of learning outcomes was 60.8, the first cycle of the average value of learning outcomes 74, and the average value of learning outcomes in cycle 2 was 83.1. 2 cycles result is higher than the indicator PTK.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem Solving siswa kelas 4 SDN Ngrawan 02 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang semester II tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian tindakan kelas yang digunakan model Arikunto dengan menggunakan 2 siklus, masingmasing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu: 1). Tahap perencanaan tindakan. 2). Pelaksanaan tindakan dan pengamatan. 3). Kegiatan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Ngrawan 02 Getasan Kab. Semarang yang berjumlah 21 siswa.penilitian ini terdapat 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Instrumen penilaian yang digunakan menggunakan butir
soal dan lembar observasi.pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar adalah 60,8, pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar 74, dan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus 2 adalah 83.1. hasil siklus 2 lebih tinggi dari indikator PTK.
Kata kunci: Metode Problem Solving, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054