candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN ALAT PENILAIAN DAN EVALUASI MELALUI PEMBINAAN PERSONAL DENGAN MEMANFAAT-KAN HASIL PENILAIAN KOLABORATIF PADA GURU UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER II TA-HUN AJARAN 2014/2015

Budi Lestari

Abstract


Abstract. General purpose of this research is to improve the professionalism of teachers SD Negeri 2 Base, UPTD District of Karangrayung, Grobogan. Specific objectives: 1) To describe the coaching process by utilizing the results of the collaborative assessment primary school teachers 2 Base UPTD District of Karangrayung Grobogan second semester of academic year 2014/2015 in improving the ability of teachers in developing assessment tools and evaluation. 2) To determine the upgrading of primary school teachers 2 Base, UPTD District of Karangrayung Grobogan, in preparing the assessment and evaluation tools, the second semester of the academic year 2014/2015. This action research school lasts for approximately three (3) months starting from January to March 2015. The study was conducted in SD Negeri 2 Base UPTD District of Karangrayung Grobogan. Analysis of the data in this study using a comparative descriptive analysis. Results of research through development to utilize collaborative assessment can improve the ability of teachers in developing assessment tools and evaluation in SD Negeri 2 Base, UPTD District of Karangrayung the second semester of the school year 2014/2015. This is evidenced by the increased ability of teachers of a category is less to be good. M increase in the ability of teachers to prepare the assessment and evaluation tools demonstrated by an increase in the average score of prasiklus amounted to 45.56 increased in the first cycle to 71.11, and increased again in the second cycle into 81.86. Prsiklus highest value of 63.33, an increase in the first cycle to 80, increased again in the second cycle be on prasiklus 90. The lowest value for 2405, increased in the first cycle to 66.67, rose again in the second cycle into 76.67.

 

Abstrak. Tujuan Umum penelitian ini adalah untuk  meningkatkan profesionalisme guru SD Negeri 2 Pangkalan, UPTD Pendidikan Kecamatan Karangrayung, kabupaten Grobogan.  Tujuan khusus: 1) Untuk mendeskripsikan proses pembinaan dengan memanfaatkan hasil penilaian kolaboratif guru SD Negeri 2 Pangkalan UPTD Pendidikan Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan semester II tahun ajaran 2014/2015 dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun alat penilaian dan evaluasi. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru SD Negeri 2 Pangkalan, UPTD Pendidikan Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan, dalam menyusun alat penilaian dan evaluasi, semester II tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan sekolah ini berlangsung selama kurang lebih  3(tiga) bulan dimulai dari bulan Januari sampai bulan Maret 2015. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Pangkalan UPTD Pendidikan Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian melalui pembinaan dengan memanfaatkan penilaian kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun alat penilaian dan evaluasi di SD Negeri 2 Pangkalan, UPTD Pendidikan Kecamatan Karangrayung semester II tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan kemampuan guru dari kategori kurang menjadi baik. Peningkatan kemampuan guru dalam m menyusun alat penilaian dan evaluasi ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata dari prasiklus sebesar 45,56 meningkat pada siklus I menjadi 71,11, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,86.  Nilai tertinggi prsiklus sebesar 63,33, meningkat pada siklus I menjadi 80, meningkat lagi pada siklus II menjadi 90.  Nilai terendah pada prasiklus sebesar 2405, meningkat pada siklus I menjadi 66,67, meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,67. 

Kata Kunci: keterampilan guru, pembinaan, dan alat penilaian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054