candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBANG MACAPAT BERBASIS VIDEO INTERAKTIF

Joko Daryanto, Karsono, Matsuri

Abstract


Abstrak. Pembelajaran Tembang Macapat di sekolah dasar merupakan salah satu upaya pelestarian warisan budaya Nusantara. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa upaya pelestarian Tembang Macapat menghadapi kendala minimnya media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan penyajian dan pemahaman makna yang terkandung dalam Tembang Macapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Tembang Macapat berformat video interaktif dengan menggunakan metode Research and Development. Hasil dari penelitian pada tahap awal adalah prototipe video interaktif yang akan diuji pada penelitian tahap berikutnya.Penelitian diawali dengan studi pendahuluan berupa kegiatan pengumpulan data-data proses pembelajaran Tembang Macapat di Sekolah Dasar tanpa menggunakan media pembelajaran video interaktif, dalam hal ini diambil sampel lima sekolah dasar di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Berdasarkan rata-rata nilai macapat kelas IV yang sampel penelitian, diperoleh rata-rata 75,35. Nilai rata-rata paling banyak berada pada kisaran nilai 70 – 79 yaitu sebanyak 4 sekolah dengan predikat cukup. Kisaran selanjutnya adalah 80 – 89 yaitu sebanyak 1 sekolah dengan predikat baik. Sedangkan pada kisaran 60 – 69 dan 90 – 99 tidak ada sekolah yang mendapat predikat kurang dan amat baik. Dengan demikian perlu adanya media pembelajaran yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembelajaran Tembang Macapat.

 

Abstract. Learning Macapat song in elementary school is one of the efforts to preserve the cultural heritage of the nation. Evidence from the field suggests that conservation efforts Song Macapat facing obstacles the lack of media that can be used to improve presentation skills and understanding of the meaning contained in the song Macapat. This research aims to develop learning media Macapat song format interactive video using the Research and Development. Results of the study at an early stage is the prototype of an interactive video that will be tested at the research stage berikutnya.Penelitian preceded by a preliminary study in the form of data collection activities Song Macapat learning process in primary school without the use of interactive video learning media, in this case the sample was taken five schools Laweyan base in the District of Surakarta. Based on the average value of macapat class IV study sample, obtained an average of 75.35. The average value most in the range of grades 70-79 as many as 4 schools with sufficient predicate. The next range is 80-89 as many as 1 school with a good rating. While the range of 60-69 and 90-99 there are no schools that received the title less and very good. Thus the need for appropriate learning media to get maximum results in learning Macapat song.

Kata kunci : Tembang Macapat, Research and Development, media pembelajaran. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054