candi borobudur kerajaan di indonesia

PELAKSANAAN PANDANGAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK MENCIPTAKAN GURU BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Murdono Murdono

Abstract


Abstrac : Objectives to be achieved from the implementation of this study was to determine whether the implementation of educational view Ki Hajar Dewantara able to create a character in the elementary school teacher Gunungpring 1 Muntilan district Magelang district in odd semester of academic year 2014/2015.n.Jenis this study is a qualitative approach school action research. The main data obtained from informants such as school principals, and teachers. Data were collected by observation, interviews, and documentation methods. The results showed that the implementation of educational view Ki Hajar Dewantara able to create a character in the elementary school teacher Gunungpring 1 Muntilan district Magelang district in odd semester of academic year 2014/2015.Hal is evident from the increase in teacher attitudes character before and after the action. Giving focused action menggunakna system Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Before being given the attitude of the teacher quality action character only reached a percentage of 49,61% and 25,00% secacara quantity only. After a given action has increased in the first cycle to 68,36% and 50,00% in terms of quality in kuantitas. Pada second cycle increased to 85,94% and 87,50% in terms of quality in quantity.
Abstrak : Tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan pandangan pendidikan Ki Hajar Dewantara mampu menciptakan guru berkarakter di SD Negeri Gunungpring 1 Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang pada semester gasal tahun pelajaran 2014/2015.n.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan sekolah. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pandangan pendidikan Ki Hajar Dewantara mampu menciptakan guru berkarakter di SD Negeri Gunungpring 1 Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang pada semester gasal tahun pelajaran 2014/2015.Hal ini terlihat dari peningkatan sikap guru yang berkarakter sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Pemberian tindakan difokuskan menggunakna system Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Sebelum diberikan tindakan secara kualitas sikap guru yang berkarakter hanya mencapai persentase sebesar 49,61% dan secacara kuantitas hanya 25,00%. Setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 68,36% secara kualitas dan 50,00% secara kuantitas. Pada siklus II meningkat menjadi 85,94% secara kualitas dan 87,50% secara kuantitas.
Kata Kunci : pandangan, pendidikan, ki hajar dewantara, berkarakter


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054