candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN TEMATIK GUNA MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAK-TER DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD

Muhibuddin Fadhli

Abstract


Abstract: The objective of this research is to instill character values through thematic learning in 1st - grade student of SDN Prambon in the academic year of 2013/2014. The subject of this research  was the 1st grade students of SDN Prambon of Madiun Regency as many as 10 students. While the object was the implementation of character values and to improve mathematics learning outcome through thematic learning. This research was form of action research. This study was conducted in two cycles.. Data collection techniques used were interviews, direct observation, testing and documentation. Based on the results of this study concluded that the application of thematic learning can instill character values. The first cycle of 10 students that reached KKM (Standard of minimum completeness of mastery learning) as many as 6 people or 60% and the percentage of students whose value was below the KKM as many as 9 people or the percentage reached 40%. There was indicators that have not reached the target of 75% were accurate, cooperation and contribute ideas, while in the second cycle of character values instilled all reach its target whether it be from an aspect or aspects of per indicator. Then from the 10 students who took the tests all have scores above KKM or percentage reached 100% .

 

Abstrak: Tujuan penelitian adalah menanamkan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran tematik pada siswa kelas I SDN Prambon tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas I SDN Prambon Madiun  yang terdiri dari 10 siswa. Sedangkan objeknya adalah penanaman nilai-nilai karakter dan peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran tematik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dapat menanamkan nilai-nilai karakter. Pada Siklus pertama 10 siswa yang nilainya mencapai KKM sebanyak 6 orang atau persentasenya mencapai 60% dan siswa yang nilainya dibawah KKM sebanyak 9 orang atau persentasenya mencapai 40%.  Ada indikator yang belum mencapai target 75% yaitu cermat, kerjasama dan menyumbang ide, sedangkan dalam siklus kedua nilai-nilai karakter yang ditanamkan semua telah mencapai target yang ditetapkan sebelumnya baik itu dilihat dari per aspek maupun dari per indikator aspeknya. Kemudian dari 10 siswa yang mengikuti tes semuanya memiliki nilai di atas KKM atau persentasenya mencapai 100%.

 

Kata Kunci : Tematik, Karakter, Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054