candi borobudur kerajaan di indonesia

SDM GURU SEBAGAI PELAKSANA KURIKULUM TERHADAP KURIKULUM 2013

Eva Betty Simanjuntak

Abstract


Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya guru dalam diimplementasi Kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2013/2014 pada 15 Juli 2013. Guru sebagai kunci dalam pelaksanaan kurikulum 2013, guru biasanya hanya menguasai proses pembelajaran saat pelatihan, penelitian/PTK,Lesson Study,dan kegiatan pertemuan guru-guru yang lain. Namun, dalam kenyataannya dalam pros-es belajar sesungguhnya guru tidak sanggup dalam pelaksanaannya.
Peran guru sebagai SDM dalam kurikulum adalah sebagai berikut: a) sebagai implementers, guru berperan untuk mengaplikasikan kurikulum yang sudah ada. b) peran guru sebagai adapters, lebih dari hanya sebagai pelaksana ku-rikulum, akan tetapi juga sebagai penyelaras kurikulum dengan karakteristik dan kebutuhan siswa dan kebutuhan daerah. c) peran sebagai pengembang kurikulum, guru memiliki kewenganan dalam mendesain sebuah kurikulum. d) peran guru sebagai peneliti kurikulum (curriculum researcher). e) Sebagai langkah untuk mengupayakan guru yang professional sebagai SDM terhadap majunya pendidikan Indonesia dengan jalan sertifikasi guru, dengan memberikan penghargaan yang meliputi kesejahteraan dan rasa aman dalam menjalankan profesi sebagai guru, dan membuat kebijakan-kebijakan pendidikan melalui Undang-Undang dengan memperhatikan campur tangan pemerintah dan masyarakat.
Dengan demikian, rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia berkorelasi sangat erat dengan rendahnya mutu pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan kerja keras dari seluruh elemen bang-sa. Pemerintah sebagai pengambil kebijakan (decision maker) diharapkan dapat membuat sebuah kebijakan yang akan memajukan mutu pendidikan nasional. Masyarakat dan pengusaha pun diharapkan sumbangsih nyata mereka dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Guru, sebagai pengajar dan pendidik, merupakan ujung tombak dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan diharapkan akan dapat bekerja secara profesional.
Abstract: This study aims to improve the quality of human resources, especially teachers in curriculum implemented in 2013 began the school year 2013/2014 on July 15, 2013. The teacher as key to the implementation of the 2013 curriculum, the teacher usually only mastered the learning process during the training, research / TOD, Lesson Study, meetings and activities of the other teachers. However, in reality the actual learning process teachers can not in practice.
The role of the teacher as a HR in the curriculum is as follows: a) as Implementers, teacher role is to apply the existing curriculum. b) the role of teachers as adapters, more than just as an executor of the curriculum, but also as aligning the curriculum to the characteristics and needs of students and the needs of the region. c) the role as curriculum developers, teachers have kewenganan in designing a curriculum. d) the role of the teacher as researcher curriculum (curriculum researcher). e) As a step to seek professional teacher education as a HR against Indonesia with the rapid advancement of teacher certification, with rewards that include well-being and sense of security in carrying out the profession as a teacher, and make education policies through the Act having regard to government intervention and society.
Thus, the low quality of human resources (HR) of the Indonesian nation is closely correlated with the low quality of education. To improve the quality of education necessary hard work of all elements of the nation. Government as policy makers (decision maker) is expected to create a policy that will advance the quality of national education. Communities and employers are expected real contribution in improving the quality of their national education. The teacher, as a teacher and educator, is spearheading the effort to improve the quality of education is expected to be able to work professionally
Kata kunci : Kurikulum, 2013, SDM, Guru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054