candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA REALIA

Mulyani A. Dakir M. Ismail S.

Abstract


Abstract : The purpose of this research is to improve the telling story skill through picture medium of the third grade students of SD Negeri Karangwaru I Plupuh Sragen on the academic year of 2012/2013. The model of the research is classroom action research having two cycles. Each cycle consist of four steps, they are planning, action, observation and reflection. Moreover the study is carried out with the third grade students of SD Negeri Karangwaru I Plupuh Sragen consisting of 16 students as its research subject. She also uses observation, documentation, and presentation test. Its data validity is data triangulation and method one. The writer applies interactive analysis model as her data analysis technique including three components, namely data reduction, data presentation, and drawing conclution or verivication.
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas II SD Negeri Karangwaru I Plupuh Sragen tahun ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Karangwaru I Plupuh Sragen yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data di gunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media realia dapat meningkatkan hasil belajar membaca menulis siswa kelas II SD Negeri Karangwaru I Plupuh.
Kata Kunci : Ketrampilan yang mendasar membaca dan menulis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054