candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA PENDEK

Sodri Karsono Joko Daryanto

Abstract


Abstract : The purpose of this study is to improve the learning skill of story telling use audio-visual media in the third grade students of SDN Sepat 3 Sragen academic year 2012/2013.This research is Classroom Action Research (CAR). The subjects used in this study were third-grade students of SD Negeri Sepat 3 Sragen amount to 16 students consisting of 10 male students and 6 female students. Source of data used is the observation process and learning the value of data with the ability to speak using audio visual media, informants, and documents. Data collecting techniques used were observation, interviews, and document analysis. To test the validity of the data, uses triangulation techniques. The data analysis technique used is interactive analysis techniques include three components data validating techniques uses : data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The research process was conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely: (1) action planning, (2) implementation of the action, (3) observation, and (4) reflection. Based on the research results, it was concluded that the use of audio-visual media can improve storytelling skills of students in grade III SDN Sepat 3 Masaran Sragen academic year 2012/2013.
Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan dalam pembelajaran bercerita dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas III SDN Sepat 3 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sepat 3 Sragen tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Sumber data yang digunakan adalah hasil pengamatan proses dan data nilai pembelajaran kemampuan berbicara dengan menggunakan mediaaudio visual, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan ketrampilan bercerita pada siswa kelas III SDN Sepat 3 Masaran Sragen tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Keterampilan bercerita dan media audio visual


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054