candi borobudur kerajaan di indonesia

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG CARA PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK THINK PAIR SHARE PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Paryati Paryati

Abstract


Abstract. In order to improve the quality of human resources required learning strategies that are expected to improve the education system that has been going on for this. Student learning outcomes will be more meaningful if students experience what they learn. Lesson-oriented learning will only work in the short term. There are many ways in which a teacher can make effective learning in the classroom. In science study of the concept of the reproduction of living creatures, the results of studying the sixth grade students of SD Negeri Bandarjo 01 are still low from 34 students. Based on the background, it will be done research to improve science learning outcomes on science learning materials about the reproduction of living creatures in the class VI SD Negeri Bandarjo 01 by using cooperative learning learning techniques pairwise thinking. In general, the purpose of this classroom action research aims as an innovation in learning to improve learning achievement in science subjects. Classroom action research was conducted in Class VI SD Negeri Bandarjo 01, West Ungaran Semarang Regency in the First Semester of Lesson 2016/2017. The reason for determining the location of research due to researchers working as a teacher at the SD Negeri Bandarjo 01, West Ungaran Semarang regency. The subjects of classroom action research on the concept of the reproduction of living creatures are the students of class VI SD Negeri Bandarjo 01 Semester I Lesson 2016/2017 with the number of students 34. The results of the implementation of learning models, in the stages of the cycle I and II was the achievement of student learning in science lessons experienced enhancement. 1) From the pre-cycle condition of the completed students only 7, increased to 22 in cycle I and increased again to 29 in cycle II of 34 students. 2) Students who have not completed decreased the number of 27 in the pre-cycle conditions decreased to 12 in the first cycle and down again to live 5 students from 34 students.3) The application of cooperatife learning was declared successful because students who completed more than 75% ie reaching 84 %.

Abstrak. Dalam rangka meningkatkan SDM yang berkualitas diperlukan strategi pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini. Hasil belajar siswa akan lebih bermakna bila siswa mengalami apa yang dipelajarinya. Pembelajaran yang hanya berorientasi pada penguasaan materi akan berhasil hanya dalam jangka pendek. Ada banyak cara yang dapat dilakukan seorang guru untuk mengefektifkan pembelajaran di kelas. Dalam pembelajaran IPA konsep perkembangbiakan makhluk hidup, hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bandarjo 01 masih rendah dari 34 siswa yang ada. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka akan dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pembelajaran IPA tentang perkembangbiakan makhluk hidup di kelas VI SD Negeri Bandarjo 01 dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning teknik berpikir berpasangan. Secara umum tujuan penelitian tindakan kelas ini bertujuan sebagai inovasi dalam pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di Kelas VI SD Negeri Bandarjo 01, Ungaran Barat Kabupaten Semarang pada Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun alasan penetapan lokasi penelitian dikarenakan peneliti bekerja sebagai guru di SD Negeri Bandarjo 01, Ungaran Barat Kabupaten Semarang . Subjek penelitian tindakan kelas pada konsep perkembangbiakan makhluk hidup ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Bandarjo 01 Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 34. Hasil penerapan model pembelajaran tersebut , pada tahapan siklus I dan II ternyata prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA mengalami peningkatan. 1)Dari kondisi pra siklus siswa yang tuntas hanya 7, meningkat menjadi 22 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 29 pada siklus II dari 34 siswa. 2)Siswa yang belum tuntas mengalami penurunan jumlah dari 27 pada kondisi pra siklus menurun menjadi 12 pada siklus I dan turun lagi hingga tinggal 5 siswa dari 34 siswa.3)Penerapan kooperatife learning dinyatakan berhasil karena siswa yang tuntas lebih dari 75% yaitu mencapai 84%.

Kata kunci: IPA, THINK PAIR SHARE


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054