candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET KELAS 5 SD

Amal Elmiana, Suroso

Abstract


Abstract : The background research by student learning outcomes are still low levels of student learning completeness reached 61.5%. The purpose of this study was to meningatkan learning outcomes 5th grade sciencstudents Mangunsari Elementary School 04 Salatiga Semester II Academic Year 2016/2017 using media-assistedexperiments concrete objects. This research is a classroom action research. This study includes two cycles of thfirst cycle and the meetings held with two second cycle executed with 2 meeting. The subjects of this study involved Elementary School 5th graders Mangunsari 04 Salatiga, which amounted to 26 students. The researchinstrument using the test results to learn science subjects who have tested the reliability and validity. From thisresearch can be concluded that there is a learning outcome 5th grade science students Mangunsari ElementarySchool 04 Salatiga in the school year 2016/2017 using media-assisted experiments concrete objects. Suggestionin this study are expected teachers can apply the experimental method of media aided concrete objects to improvstudent learning outcomes in science subjects.

 

Abstrak : Penelitian dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dengan tingkat ketuntasan belajar siswa baru mencapai 61,5%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari 04 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan media benda konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini meliputi 2
siklus yaitu siklus I dilaksanakan dengan dua pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dengan 2 pertemuan. Subyek penelitian ini melibatkan siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari 04 Salatiga yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar mata pelajaran IPA yang telah dilakukan uji reliabilitas dan validitas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri
Mangunsari 04 Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan metode ksperimen berbantuan media benda konkret. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan metode eksperimen berbantuan media benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Kata kunci: Metode Eksperimen, media benda konkret, hasil belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054