candi borobudur kerajaan di indonesia

Modul Bimbingan Belajar untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMP

Woro Kinanta Legi, Asrowi Asrowi, Wardatul Djannah

Abstract


The purpose of this research was to produce a module of learning guidance that was proper and effective as the media development of learning guidance services to reduce students academic procrastination behavior SMP. This research was a Research and development. The result of the analysis showed that the index test results of the expert validation test was 0.866 therefore it can be concluded that the valuation module of learning guidance by experts have excellent validity with the level of reliability almost perfect agreement. Test on a small group of practitioners was0.777 therefore it can be concluded that the learning guidance module has a good validity with the level of reliability substantial agreement. The value of small group test at learners was 173 therefore it can be concluded that learning guidance module assessment from the students was included in the very appropriate category.  The results of the validation test supported by effectiveness test to several student that was effective for reducing students academic procrastination behavior.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul bimbingan belajar yang layak dan efektif sebagai pengembangan media layanan bimbingan belajar untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa indeks hasil uji validasi ahli sebesar 0,866 maka dapat disimpulkan bahwa penilaian modul bimbingan belajar menurut ahli memiliki validitas sangat baik dengan tingkat kehandalan almost perfect agreement. Uji kelompok kecil pada praktisi sebesar 0,777 maka dapat disimpulkan bahwa modul bimbingan belajar memiliki validitas yang baik dengan tingkat kehandalan substantial agreement. Nilai uji kelompok kecil pada peserta didik sebesar 173 maka dapat disimpulkan bahwa penilaian modul bimbingan belajar menurut peserta didik termasuk kategori sangat sesuai. Hasil dari uji validasi tersebut didukung dengan hasil uji keefektifan produk terhadap sekelompok siswa yang menunjukkan bahwa modul bimbingan belajar yang dikembangkan  efektif  untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik SMP.


Keywords


Academic procrastination; guidance material; pengembangan panduan; prokrastinasi

Full Text:

PDF

References


Cher, T.A. (2012). Mengapa Menunda? Panduan Bagi Kaum Remaja untuk Mengatasi Penundaan. Jakarta: PT.Indeks.

Pertiwi, D.S. (2014). Hubungan Antara Gaya Pengasuhan Orang Tua Otoriter dengan Kecenderungan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2009-2011 Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Diperoleh dari http://dian-satya.blogspot.com/

Putra, N. (2011). Research Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Savira, F. & Suharsono, Y. (2013). Self-Regulated Learning (SLR) dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 65-74.

Sirois, F. M. (2004). Procrastination and counterfactual thinking: Avoiding what might have been, British Journal of Social Psychology, 43, 269-286.

Solomon, L.J. & Rothblum, E.D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology, 31 (04), 503-509.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling indexed by:

scholar IPI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License