candi borobudur kerajaan di indonesia

Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal

Anis Prastiwi, Sri Wiyanti Hidayat, Mudaris Muslim

Abstract


The aim of this research was to test the effectiveness of role playing tecnique to improvement of student’s interpersonal intelligence  of the seven grade junior high school students. This research was Quasi Experimental Design. The subject of this research are the who have low intepersonal intelligence. The subject obtained 82 students that devide into experimental group and control group. Instrument that is used is quotionaire of interpersonal intelligence for pretest and posttest. The analysis of the data in this research used quantitative analysis with t-test and clinical analysis. The result of the analysis showed that the result of T-test is 2,281, with significance value 0,006 if it is compared with ttable (df = 80, sig 0,05, t = 2,000) so tcount >ttable and significance value <0,05. Based from the research result knew that value of experimental group increase after role playing treatment was given. It shows that role playing is effective to increasing student’s interpersonal intelligence .

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Subjek penelitian berjumlah 82 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, 41 siswa untuk kelompok eksperimen dan 41 siswa untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan interpersonal untuk melaksanakan pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif t-test dan analisis klinis. Hasil analisis menunjukkan  bahwa hasil uji t-test sebesar 2,281 dengan nilai signifikansi 0,006 jika dibandingkan ttabel (df = 80, sig 0,05, t = 2,000) maka thitung > ttabel dan taraf signifikansi <0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada peningkatan kecerdasan interpersonal pada kelompok eksperimen sesudah diberi treatment berupa role playing. Hal tersebut menunjukkan bahwa role playing efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal.


Keywords


Role playing; interpersonal intelligence; group guidance; role playing; kecerdasan interpersonal; bimbingan kelompok

Full Text:

PDF

References


Dharmayanti, P.A. (2013). Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Jurnal online. Jilid 46 nomor 3. Universitas Pendidikan Ganesha. Diperoleh 8 April 2015 dari http: //ejournal.undiksha.ac.id

Hammalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Thomas Hoerr. (2007). Buku Kerja Multiple Intelligence. Terj. Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Triantoro Safaria. (2005). Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books

Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yullyana, R. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Orang Tua dengan Kecerdasan Interpersonal Remaja. Jurnal online Universitas Pendidikan Indonesia. Diperoleh 4 Desember 2014, dari http : // respository.upi.edu.

Yusuf, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S dan Nurihsan, J. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling indexed by:

scholar IPI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License