candi borobudur kerajaan di indonesia

Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Konsep Diri dan Keputusan Karir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Nindya Ayu Astarika Sanjaya, Asrowi Asrowi, Salmah Lilik

Abstract


The purpose of this study were to produce career guidance modules and effective to enhance self concept and career decision of  Vocational Students. This research were research and development which produce career guidance module to enhance self concept and career decision of Vocational Students. In order to know the effectivity of modul using One Group Pretest Posttest Design. Based on the result of expert’s judgement, practitioners judgement and data analysis of research subject can be known that career guidance module is suitable and effective to enchance self concept and career decision. It was proved from the expert judgement and practitioners judgement evaluation toward module have average score 89, it means that module has very good criteria. In the effectiveness test, based on t-tes was known that p value 0,000. It means that the Ha is accepted and Ho is rejected. The conclusion from this research was the implementation of career guidance module is suitable and effective to enchance self concept and career decisions of vocational students.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul bimbingan karir yang layak dan efektif untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan modul bimbingan karir untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK. Selanjutnya untuk mengetahui efektivitas modul bimbingan karir menggunakan teknik One Group Pretest – Posttest Design. Berdasarkan hasil uji ahli, uji praktisi dan analisis data subjek penelitian dapat diketahui bahwa modul bimbingan karir untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa. Terbukti dari penilaian ahli dan praktisi terhadap modul memiliki nilai rata-rata 89, yang berarti modul memiliki kriteria sangat baik. Dalam uji efektivitas, berdasarkan uji t diketahui nilai signifikansi adalah 0,000 yang berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi modul bimbingan karir layak dan efektif untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK.


Keywords


career guidance; self concept; career decision; bimbingan karir; konsep diri; keputusan karir

Full Text:

PDF

References


Hurlock, E.B. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Raras. (2013). Bahan Informasi Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rakhmat, J. (2001). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Santrock, JW. (2002). Life Span Development. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2000). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling indexed by:

scholar IPI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License