candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Zuniar Kain Nedi, Amir Fuady, Atikah Anindyarini

Abstract


Abstract: The purposes of this research are: (1) to increase the students activity in learning and (2) to increase the skills of writing negotiation text by problem solving learning models.This research is a follow-grade conducted in SMK Negeri 9 Surakarta. The subjects were students of class X Tata Busana B and Indonesian teachers of SMK Negeri 9 Surakarta. Based on the results, it can be concluded that the problem solving learning models with using video can increase the students activity in learning of negotiation text and the skills of writing negotiation text in class X Tata Busana B SMK Negeri 9 Surakarta. Increasing the students activity marked by increasing the value of students activity in the first cycle = 5.4 (Enough) and the second cycle = 7.6 (Good). As for the increase of writing negotiation text which is marked by the increasing  amount of students who achieve a minimum completeness criteria. In the first cycle the average value of the ability to write text negotiations reached 73.66 with a percentage of 42.85% completeness. In the second cycle reaches 78.75 with a percentage of 78.57% completeness. The results of this research indicate that the application of  problem solvinglearning models with using video effectively used in writing negotiation text learning.

Keywords: writing skills, negotiation text, problem solving learning models

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis teks negosiasi dan (2) meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi menggunakan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMK Negeri 9 Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dengan penggunaan media video dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis teks negosiasi dan meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X Tata Busana B SMK Negeri 9 Surakarta. Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis teks negosiasi ditunjukkan dengan nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus I = 5,4 (Cukup) dan siklus II = 7,6 (Baik). Adapun peningkatan kemampuan menulis teks negosiasi siswa yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis teks negosiasi mencapai 73,66 dengan presentase ketuntasan sebesar 42,85%. Pada siklus II mencapai 78,75 dengan presentase ketuntasan sebesar 78,57%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem solving dengan penggunaan video efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks negosiasi.

 

Kata kunci: kemampuan menulis, teks negosiasi, model pembelajaran problem solving

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id