candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK

Handika Budi Saputra, Budi Waluyo, Amir Fuady

Abstract


Abstract: This study aimed to describe the learning plan, the implementation of learning, assessment, and obstacles encountered during the learning process as well as efforts made by the teacher to overcome the obstacles in the implementation of Curriculum 2013 in the teaching of writing text short story in class XI SMA Negeri 2 Sukoharjo. This research is a qualitative descriptive study. This study uses a single case study approach rooted, ie research that just stuck on one subject matter that is done in the classroom. Sources of data in this study, among others, the event learning to write short stories texts, informants, and documents. The validity of the data is done by triangulation of data, triangulation method, and reivew informant. Data were analyzed using an interactive model. The results of this study indicate that the implementation of Curriculum 2013 in the teaching of writing text short story in class XI SMA Negeri 2 Sukoharjo, ranging from planning, implementation, and assessment largely in accordance with Permendikbud  22 in 2016 on the Standard Process Primary and Secondary Education and Permendikbud No. 23 on education Assessment Standards. Nonetheless, there are some components that are not appropriate. During the learning process also encountered several obstacles that arise, but the teacher has made various efforts to overcome these obstacles.

Keyword: implementation, learning, writing, short story, curriculum 2013

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian, dan kendala-kendala yang ditemui selama pembelajaran serta upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek di kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus tunggal terpancang, yaitu penelitian yang hanya terpancang pada satu pokok permasalahan yang dilakukan di kelas. Sumber data dalam penelitian ini antara lain, peristiwa pembelajaran menulis teks cerita pendek, informan, dan dokumen. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data, triangulasi metode, dan reivew informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks cerita pendek di Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaiannya sebagian besar sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 23 tentang Standar Penilaian pendidikan. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa komponen yang belum sesuai. Selama proses pembelajaran berlangsung juga ditemui beberapa kendala yang muncul, namun guru bahasa telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kendala tersebut.

Kata kunci: implementasi, pembelajaran, menulis, cerpen, kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id