PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI
Prima Shinta Puspitarukmi
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi peneliti dan triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan adalah teknik komparatif dan deskriptif, yaitu untuk membandingkan persentase atau rata-rata antarasiklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Peningkatan motivasi siswa dalam belajar menulis eksposisi pada siklus I adalah 58. 06% dan meningkat menjadi 83. 87% pada siklus II. Sementara itu, hasil eksposisi keterampilan menulis pada siklus I adalah 67,5 (64.51%) dan meningkatkan menjadi 72. 02 (80. 65%) pada siklus II.
Kata kunci: motivasi, menulis eksposisi, proses pembelajaran, teams games tournament