candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TIPE TANDUR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS

Fondaline Sri Hartono

Abstract


Abstract: This research aims to improve motivation and writing skill through the application of quantum learning type TANDUR. This research is research that is implemented in the class action two cycles with each cycle comprising planning actions, implementation measures, observation and interpretation;and analysis and reflection. The data source is in the form of events the learning process, the informant, and documents. Data collection techniques use observation, in-depth interviews, tests, and analysis of documents. The validity of the data use the triangulation of data and triangulation of methods. Data analysis uses comparative descriptive techniques. The results show that the application of quantum learning model type TANDUR can increase motivation and writing skills of students from cycle I to cycle II. It is proven by the increase of: 1) the motivation of the students from cycle to cycle ; 2) students mean point from 68,93 in the pre-action stage to 70,25 on the first cycle and 76,4375 on the second cycle.

 

Keywords : writing motivation, quantum learning model, TANDUR type, writing

skills

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis melalui pembelajaran kuantum tipe TANDUR. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Sumber data berupa peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, tes, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kuantum tipe TANDUR dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis siswa dari siklus I ke siklus II. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan: (1) motivasi siswa dari siklus ke siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan; (2) rata-rata nilai karya siswa, yaitu dari 68,93 pada pratindakan menjadi 70,25 pada siklus I dan 76,4375 pada siklus II.

 

Kata kunci: motivasi menulis, model pembelajaran kuantum, tipe TANDUR,

kemampuan menulis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id