candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BIOGRAFI DI SMA MELALUI ANALISIS NOVEL BIOGRAFI SEPATU DAHLAN

Eva Khofiyana

Abstract


Abstract: This research aims to produce a teaching material to read a biography text that integrated character education. The procedures of this research are analysis the educational values and the social aspect that expressed in the novel biography Sepatu Dahlan. This research is a qualitative study using content analysis method. The result of study show that educational values Sepatu Dahlan include the

values of religious education, the values of social education, the value of moral education, and character education that integrated in their. The social aspects of the novel include: (a) culture such as system of religious, social or organizational systems, knowledge systems, language, arts, technology and equipment systems, customs, (b) economic (jobs, economic issues and solutions), (c) the typical rural life. The results of both studies show that through the value of education and social

aspects along with interviews authors, teachers, and students can be known novel Sepatu Dahlan relevance as teaching materials of read biographies for students high school class XI.

 

Keywords : biography novel, the educational values, social aspect, teaching

material

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk sebuah bahan ajar membaca biografi berbasis pendidikan karakter. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah menganalisis nilai-nilai pendidikan serta aspek sosial yang terungkap dalam novel biografi Sepatu Dahlan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan novel Sepatu Dahlan terdiri atas nilai pendidikan agama, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan moral, dan nilai karakter terintegrasi di dalam keempat nilai tersebut. Sementara itu, aspek sosial meliputi: (a) budaya yang terdiri atas sistem religi, sistem kemasyarakatan atau organisasi, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem teknologi dan peralatan, adat istiadat; (b) ekonomi (pekerjaan serta permasalahan ekonomi sekaligus pemecahannya), dan (c) kehidupan khas pedesaan. Kedua hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui nilai-nilai pendidikan dan aspek sosial disertai wawancara dengan pengarang, guru, dan murid dapat diketahui novel Sepatu Dahlan relevan sebagai bahan ajar membaca biografi berbasis pendidikan karakter di SMA kelas XI.

 

Kata kunci : novel biografi, nilai-nilai pendidikan, aspek sosial, bahan ajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id