candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI (STUDI KASUS DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR)

Nofi Dian Sari, Budhi Setiawan, Yant Mujiyanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X IPS 1 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sumber data meliputi peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data terdiri dari triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data yaitu model analisis interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian ini meliputi: (1) persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi pada pembelajaran membaca puisi sudah baik; (2) perencanaan pembelajaran disusun sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016; (3) pelaksanaan pembelajaran membaca puisi berjalan dengan cukup baik; (4) penilaian pembelajaran belum dilakukan secara efektif; (5) hambatan berupa: (a) waktu tatap muka pembelajaran di semester 2 yang terbatas; (b) pelaksanaan penilaian pembelajaran yang kurang efektif; (c) tidak semua siswa memiliki bakat membaca puisi dan siswa sulit menemukan suasana puisi; (d) subjektivitas dalam menilai pembelajaran sastra; (6) upaya berupa: (a) pemberian tugas secara terstruktur maupun tak terstruktur; (b) penggunaan tugas secara diskusi kelompok agar penilaian membaca puisi tetap bisa dilaksanakan secara keseluruhan; (c) siswa diharuskan untuk sering melihat referensi penampilan membaca puisi dari youtube; d) pembuatan kriteria penilaian.

Kata Kunci: implementasi kurikulum, Kurikulum 2013 Edisi Revisi, pembelajaran membaca
puisi

Abstract: This research is a qualitative research with case study approach. The population in this study were class X students of SMA Negeri 1 Karanganyar. The research sample was students of class X IPS 1 with purposive sampling sampling technique. Data sources include events, informants, and documents. Data collection techniques such as observation, interview, and document analysis. The data validity test consists of triangulation of data sources, method triangulation, and informant review. Data analysis technique is interactive model of analysis. The results of this study include: (1) teachers' perceptions of the implementation of the Curriculum 2013 Revised Edition on learning to read poetry is good; (2) instructional planning is prepared in accordance with Permendikbud Number 22 Year 2016; (3) the implementation of reading poetry learning works well; (4) assessment of learning has not been done effectively; (5) obstacles in the form of: (a) limited face-to-face learning time in semester 2; (b) the implementation of a less effective learning assessment; (c) not all students have the talent to read poetry and students find it difficult to find the atmosphere of poetry; (d) subjectivity in assessing literary learning; (6) efforts in the form of: (a) providing structured and unstructured tasks; (b) the use of tasks in group discussion so that the assessment of poetry reading can still be carried out in its entirety; (c) students are required to frequently see references to reading poetry from youtube; d) making assessment criteria.

Keywords: curriculum implementation, Curriculum 2013 Revised Edition, reading poetry learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id