candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN PROFESIONLISME GURU DENGAN PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA UNTUK MENGHASILKAN GENERASI EMAS YANG PROFESIONAL DAN BERWIBAWA DI ERA MEA

Muhammad Rohmadi

Abstract


Guru menjadi pembangun pondasi dasar untuk generasi emas Indonesia yang profesional
dan berwibawa. Guru-guru harus profesional dan memiliki penguasaan keterampilan
berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini sebagai perwujudan guru sebagai teladan
yang digugu dan ditiru oleh murid-muridnya. Tujuan penelitian ini antara lain: (1)
menjelaskan profil guru yang profesional dan berwibawa, (2) mendeskripsikan guru yang
profesional dan berwibawa dengan penguasaan keterampilan berbahasa Indonesia yang baik
dan benar, (3) menjelaskan setrategei pengembangan menjadi guru profesional dan
berwibawa. Penelitian ini menggunakan sumber data guru-guru SD dan mahasiswa STKIP di
Kab. Pacitan. Data diambil degan simak, catat, dan wawancara secara mendalam. Teknik
analisis dilakukan dengan analisis interaktif. Simpulan digunakan teknik deduktif. Hasil
penelitian ini dapat disimpulakan bahwa: (1) profil guru-guru di pacitan belum semuanya
menunjukan sikap profesional dan berwibawa, (2) guru-guru belum memiliki penguasaan
keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, (3) setrategei pengembangan menjadi
guru profesional dan berwibawa dapat dilakukan dengan diklat, workshop dan pengembangan
keprofesian secara berkelanjutan. Dengan demikian akan dapat dilahirkan guru-guru
profesional dan berwibawa untuk melahirkan generasi emas Indonesia di Era MEA.
Kata kunci: guru, professional, berbahasa, Indonesia, generasi emas, dan MEA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.