candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DENGAN MEDIA KIT IPA SD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD N Belik Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

Ahmad Syawaludin, Peduk Rintayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui
penerapan pembelajaran POE (Predict, Observed, Explain) dengan media KIT IPA SD pada
siswa kelas V SDN Belik Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat
tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek Penelitian ini
adalah siswa kelas V SD N Belik Surakarta yang berjumlah 14 siswa. Penelitian dilakukan
dua siklus dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Teknik validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis
interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran
POE dengan media KIT IPA SD dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V
SD N Belik Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: keterampilan bereksperimen, KIT IPA SD, POE (predict, observe, explain)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.