candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MODEL LEARNING CYCLE (PEMBELAJARAN BERSIKLUS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Ayu Fajar Hartatik, Siti Kamsiyati, Sularmi

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve understanding of the concept of geometrical properties with the Learning Cycle Model in fifth grade students of Elementary School of II Bakalan Wonogiri in the academic year 2016/2017. The form of this research was classroom action research, lasted for two cycle and each cycle consisting of four phases namely : planning, action, evaluation and reflection. subject in this research were the teacher and the fifth grade of Wonogiri Elementary School, totaling 23 children. The data used is information from sources; the are teacher, students and observer. Data collection techniques used are observation, interview, test and documentation. To test the validity of the data, using content validity and triangulation (data triangulation  and technique triangulation). Data analysis techniques used are descriptive comparative technique and critical analysis and also interactive analysis (data colletion, data reduction, data display, verification). Based on the result, it can be conclude that Learning Cycle model can improve the understanding of the concept of geometrical properties at the fifth grade of Wonogiri Elementary School students. The average value of the result  with classical completeness before the action that is 55,37 by 21,73 % classical mastery. In the first cycle the value  reached is 72,45 by 73,91 % improving classical mastery. In the second cycle, class average value increased to 86,32 by 86,92 % improving classical mastery.

 

Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang dengan model Learning Cycle pada siswa kelas V SD Negeri Wonogiri tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Wonogiri yang berjumlah 23 anak. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari narasumber yaitu guru, siswa dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatifdan analisis kritis serta analisis interaktif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Wonogiri. Nilai rata-tata hasil tes pratindakan yaitu 55,37 dengan ketuntasan klasikal 21,73 %. Pada siklus I nilai rata-ratanya yaitu 72,45 dengan ketuntasan klasikal 73,91. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 86,32 dengan ketuntasan klasikal 86,92 %.

 

Kata Kunci : Pemahaman konsep, sifat-sifat bangun ruang, Learning Cycle

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN: 2337-8786