candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN PURWODADI

EDI SARWONO

Abstract


Edi Sarwono1, Imam Suyanto2, Harun S. Budi3

 

Abstract: The use of methods of inquiry in improving mathematics learning about shape on Elementary School fifth grade students. This study aims to determine the effectiveness of the use of methods of inquiry in mathematics learning especially in the shape of material in elementary school fifth grade. This study uses classroom action research method. Research was conducted in three cycles. Results show, the use of inquiry method can improve learning outcomes of the mathematics abaut a shape.

 

Keywords: Inquiry Metod, Learning Matematic, a shape.

 

Abstrak: Pengunaan Metode inkuiri dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengunaan metode inkuiri dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukan, penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika tentang bangun ruang.

 

Kata Kunci: metode inkuiri, pembelajaran matematika, bangun ruang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.