candi borobudur kerajaan di indonesia

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DENGAN MEDIA GRAFIS DI KELAS II SDN 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Vina Anggia

Abstract


PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED)
DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMA KEGEMARAN DI KELAS II SDN 5 BUMIREJO
TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh:
Vina Anggia Nastitie Ariawan1), Kartika Chrysti Suryandari2),
Harun Setyo Budi3)
FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret
e-mail: vivianatsir@gmail.com

1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS

Abstract. The Implementation of Thematic Learning Model (Webbed) using Graphic Media in Improving Hobby Theme Learning for the Second Grade Students of SDN 5 Bumirejo in the Academic Year of 2014/ 2015. The objectives of this research is to describe steps of thematic learning model (webbed) with graphic media in improving hobby theme learning for the second grade students of SDN 5 Bumirejo in the academic year of 2014/2015. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR). Subjects of this research were 41 students of the second grade of SDN 5 Bumirejo. The implementation of thematic learning model (webbed) using graphic media can improve hobby theme learning for the second grade students of SDN 5 Bumirejo in the academic year of 2014/2015. That results proved by the increase of learning result in each cycles. Passing grade percentage of students result in the first cycle was 82,33%, in the second cycle was 92,56%, in the third cycles was 100%.
Keywords: thematic, graphic media, hobby theme

Abstrak. Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik dengan Media Grafis dalam Peningkatan Pembelajaran Tema Kegemaran di Kelas II SDN 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran tematik (webbed) dengan media grafis dalam meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dari penelitian adalah 41 siswa kelas II SDN 5 Bumirejo. Pelaksanaan model pembelajaran tematik dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklusnya. Persentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 82,33%, siklus II yaitu 92,56%, siklus III yaitu 100%.
Kata kunci: tematik, media grafis, tema kegemaran


PENDAHULUAN
Proses belajar merupakan rangkaian kegiatan yang ada dalam kegiatan pembelajaran. Jika hasil pembelajaran ingin sesuai dengan yang diinginkan, maka seorang guru harus mampu membuat proses bela-jar menjadi efektif dan lebih bermak-na bagi siswa.
Telah banyak upaya yang di-lakukan pemerintah dan pakar pen-didikan untuk dapat menciptakan sua-tu kondisi belajar yang menggugah rasa kebermaknaan bagi siswa. Ber-bagai pendekatan, metode, strategi maupun isi dari pembelajaran itu sen-diri telah mengalami perkembangan. Salah satu model pembelajaran yang kini sedang gencar diterapkan di ting-kat sekolah dasar adalah model pem-belajaran terpadu. Model pembe-lajaran terpadu yang dikembangkan di Indonesia ada 3 macam, yaitu connec-ted, integrated, dan webbed. Namun, yang paling banyak diterapkan adalah model pembelajaran terpadu webbed atau dikenal dengan model pembe-lajaran tematik. Trianto (mengutip simpulan Joni T.R, 1996) menge-mukakan bahwa, model pembelajaran tematik (webbed) adalah suatu pem-belajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun ke-lompok, aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip ke-ilmuan secara holistik, bermakna, dan otentik (2010: 56). Model pem-belajaran tematik (webbed) memiliki karakteristik sebagai berikut: (a) ber-pusat pada siswa; (b) memberikan pe-ngalaman langsung; (c) pemisahan materi pelajaran tidak begitu jelas; (d) menyajikan konsep dari berbagai ma-ta pelajaran; (e) bersifat fleksibel; (f) dan hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa (Rusman, 2012: 258).
Selain model pembelajaran yang tepat, guru perlu menggunakan media dalam proses penyampaian ma-teri. Penggunaan media dapat mem-bantu siswa dalam menggambarkan hal-hal yang abstrak menjadi lebih nyata. Media grafis merupakan salah satu media yang cocok diterapkan khususnya di kelas rendah. Media grafis adalah media visual yang me-nyajikan fakta, ide atau gagasan mela-lui penyajian kata-kata, kalimat, ang-ka-angka, dan simbol/gambar (Jauhar, 2011: 100).
Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN 5 Bumirejo pada tanggal 14 Januari 2015, guru sudah baik dalam melaksanakan pembelajaran. Akan tetapi, aktivitas siswa masih ter-batas pada kegiatan mendengarkan materi dan mengerjakan tugas. Pem-belajaran yang disampaikan juga ma-sih terpisah padahal di kelas rendah seharusnya menggunakan pembelaja-ran tematik. Selain itu, terjadi kesen-jangan pada hasil belajar siswa kelas II. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil pretest, yaitu 68,5. Hasil pretest menunjukkan belum tercapai-nya KKM, yaitu 72 pada setiap mata pelajarannya. Melihat kesenjangan tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian guna meningkatkan pembe-lajaran melalui pelaksanaan model pembelajaran tematik (webbed) de-ngan media grafis.
Rumusan masalah dari pene-litian ini berdasarkan uraian di atas adalah (1) bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan model pembe-lajaran tematik (webbed) dengan me-dia grafis untuk meningkatkan pem-belajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015?; dan (2) apakah model pembelajaran tematik (webbed) de-ngan media grafis dapat meningkat-kan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran tematik(webbed) dengan media grafis di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumi-rejo tahun ajaran 2014/2015 melalui pelaksanaan model pembelajaran te-matik (webbed) dengan media grafis.

METODE PENELITIAN
Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 5 Bumirejo, kecamatan Kebumen, kabupaten Kebumen. Me-tode penelitian yang digunakan ada-lah penelitian tindakan kelas ko-laboratif. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas II yang terdiri atas 23 sis-wa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksa-nakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015, dari bulan Januari 2015 sampai dengan bulan Juni 2015. Vali-ditas data menggunakan triangulasi yang berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik berupa observasi, catatan harian, dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar catatan hari-an, dan tes hasil belajar siswa. Tria-ngulasi sumber yang digunakan yaitu guru, siswa, dan observer. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penya-jian data, dan penarikan kesimpulan.
Peneliti mengambil data beru-pa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan tu-juan untuk mengetahui statistika pe-ningkatan proses dan hasil belajar te-ma kegemaran di kelas II SDN 5 Bu-mirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Data diperoleh dengan menggunakan tek-nik pengumpulan data berupa tes, ru-brik, observasi, dan catatan harian. Data kualitatif digunakan untuk men-dukung pelaksanaan model pembela-jaran tematik (webbed) dengan media grafis dalam peningkatan pembelaja-ran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo Tahun Ajaran 20-14/2015 yang diperoleh melalui catatan harian.
Indikator kinerja yang diha-rapkan tercapai dalam penelitian ini, yaitu: (a) pelaksanaan model pembe-lajaran tematik (webbed) dengan me-dia grafis sesuai langkah yang tepat mencapai target 85%; (b) respon sis-wa terhadap proses pembelajaran te-ma kegemaran melalui pelaksanaan model pembelajaran tematik (web-bed) dengan media grafis mencapai target 85%; (c) dan ketuntasan pem-belajaran tema kegemaran (KKM=72) mencapai target 90%. Prosedur pene-litian ini menggunakan metode pene-litian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari: (a) refleksi awal; (b) studi pendahuluan; (c) perencanaan; (d) tin-dakan; (e) observasi; (f) dan refleksi.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Peningkatan pembelajaran te-ma melalui pelaksanaan model pem-belajaran tematik (webbed) dengan media grafis dilaksanakan selama tiga siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Penelitian ini dilaksa-nakan mulai dari bulan Februari 2015 sampai dengan April 2015. Berdasar-kan hasil penelitian dari siklus I sam-pai siklus III diperoleh hasil bahwa pelaksanaan model pembelajaran te-matik (webbed) dengan media grafis sudah sesuai langkah-langkah pada skenario. Langkah-langkah pelaksa-naan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media grafis, yaitu: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan; (c) kegiatan akhir.
Hasil observasi pelaksanaan model pembelajaran tematik (web-bed) dengan media grafis oleh guru dan siswa dari siklus I sampai siklus
III dapat dilihat pada tabel 1. berikut ini:

Tabel 1. Persentase Hasil Observasi
Pelaksanaan Model Pem-belajaran Tematik (webbed) dengan Media Grafis Guru dan Siswa

Siklus
Hasil observasi

Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.