PELAKSANAAN ASESMEN KOOPERATIF TEKNIK BERPIKIR BERPASANGAN BEREMPAT DALAM UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SD
Abstract
Oleh:
Ahmad Mustolih, Suhartono,Wahyudi
PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Jl. Slamet Riyadi No. 449, Surakarta 57126
e-mail: mustolih29@gmail.com
Abstract: Implementation Of Cooperative Asessment & Think Pair Share/Square Teknique for Increasing Speaking Skill at Elementary School. The purposes of research were: (1) to know that implementation of cooperative asessment & think pair share/square teknique can increase students speaking skill , and (2) describing how learn with implementation of cooperative asessment & think pair share/square teknique can increase students speaking skill. This research is Classroom Action Research (CAR). Actions observational procedure as planning, action, observation, and reflection. The research is performed in three cycles. It uses test, Observation Sheet, and open questionnaires as instrument research. In action research the term form triangulation has also been applied to the bringing together of data from multiple perspective. It’s result points out that Cooperative Asessment & Think Pair Share/Square Teknique can increase speaking sikll at elementary school.
Keyword: Asessment, Think Pair Teknique, Speaking.
Abstrak: Pelaksanaan Asesmen Kooperatif & Teknik Berpikir Berpasangan Berempat dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD. Tujuan penelitian yaitu: (1) Meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan pelaksanaan asesmen kooperatif & teknik berpikir berpasangan berempat; (2) Mendeskripsikan pelaksanaannya. Penelitian ini diadakan di SDN 2 Gunungsari, menggunakan PTK dengan subjek penelitian siswa kelas V. Pelaksanaan tindakan dalam tiga siklus. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa tes, angket, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Uji validitas data menggunakan trianggulasi data dan teori. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan FGD. Hasilnya: (1) Asesmen kooperatif & teknik berpikir berpasangan berempat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SD; (2) Pelaksanaannya yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara apabila dilakukan dengan tahapan: (a) Memberi nilai individual awal; (b) Merata-rata nilai individual awal menjadi nilai kelompok awal; (c) Mencari nilai individual (tes berbicara); (d) Mengolah nilai individual menggunakan asesmen kooperatif untuk menjadi nilai kelompok.
Kata Kunci: Asesmen, Teknik Berpikir Berpasangan, Berbicara
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.