candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER TERPADU

Sutijan Sutijan, Hasan Makhfud, Lies Lestari, Chumdari Chumdari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menemukan prototipe   instrumen penilaian pendidikan karakter terpadu dan (2) menguji validitas instrumen penilaian pendidikan karakter dan keterhandalannya. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu: (1) studi pustaka dan eksplorasi pendidikan karakter terpadu untuk membantu guru dan siswa dalam mengevaluasi pendidikan karakter, (2) mengembangkan instrumen pendidikan karakter terpadu. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner untuk guru sebanyak 80 item, kuesioner untuk uji siswa sebanyak 80 item, dan kuesioner  untuk orang tua sebanyak 40 item. Validitas tes ini diambil dari cetak biru dan konstruksi yang dikembangkan dari 18 aspek karakter. Hasil analisis  instrumen ini dapat dikemukakan: (1) kuesioner guru ditemukan  r = 0,398307. Hal ini menunjukkan bahwa kuesioner ini dapat dihandalkan; (2) tes siswa ditemukan  r = 0,0481171. Hal ini menunjukkan bahwa tes ini dapat dihandalkan; dan  (3) kuesioner orang tua ditemukan r = 0,424852. Hal ini menunjukkan bahwa kuesioner ini dapat dihandalkan pada tingkat signifikansi 5%.

Keywords


instrumen penilaian; pendidikan karakter; validitas tes; reliabilitas tes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats