candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI AKUNTANSI DENGAN METODE TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS XI IPS 2 SMA XXX TAHUN AJARAN 2013/2014

Riris Ariyanti, Sigit Santoso, Binti Muchsini

Abstract


ABSTRAK

Riris Ariyanti P P. K7410160. PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI AKUNTANSI DENGAN METODE TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS XI IPS 2 SMA XXX TAHUN AJARAN 2013/2014.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi akuntansi dengan metode talking stick dan snowball throwing di kelas XI IPS 2 SMA XXX tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA XXX yang berjumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 22 perempuan dan 6 laki-laki. Data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik mata pelajaran akuntansi Kelas XI IPS 2 SMA XXX. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Validitas tes menggunakan validitas isi. Analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif. Analisis data kualitatif menggunakan analisis antar model. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) tahap pengenalan masalah, (2) tahap persiapan tindakan, (3) tahap penyusunan rencana tindakan, (4) tahap implementasi tindakan, (5) observasi dan interprestasi, (6) refleksi, (7) penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dan snowball throwing dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan daya serap terhadap bahan pengajaran, pemahaman siswa dalam diskusi kelas dan diskusi kelompok, serta siswa benar dalam membuat pertanyaan dan menyelesaikan soal tes dari guru. Pada pra tindakan persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 28% (11 peserta didik) dan peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 32,14% (9 peserta didik) dan peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 67,86% (19 peserta didik). Pada siklus I persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Pada siklus I persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) meningkat menjadi 85,71% (24 peserta didik) dan peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 14,29 % (4 peserta didik). Pada siklus II persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) meningkat menjadi 96,43% (27 peserta didik) dan peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 3,57 % (1 peserta didik).

Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran talking stick dan snowball throwing dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran akuntansi peserta didik Kelas XI IPS 2 SMA XXX

Kata kunci: metode pembelajaran talking stick dan snowball throwing, pemahaman.

 

ABSTRACT

Riris Ariyanti Purnomo Putri. K7410160. THE IMPROVEMENT OF ACCOUNTING LEARNING UNDERSTANDING WITH TALKING STICK AND SNOWBALL THROWING METHODS IN THE XI IPS 2 GRADERS OF SMA NEGERI 1 NGEMPLAK IN THE SCHOOL YEAR OF 2013/2014.

The objective of research was to improve the accounting learning understanding of the XI IPS (Social Science) 2 graders of SMA Negeri 1 Ngemplak in the school year of 2013/2014 using talking stick and snowball throwing methods. This study employed a classroom action research. The subject of research was the XI IPS (Social Science) 2 graders of SMA Negeri 1 Ngemplak consisting of 22 girls and 6 boys. The data used in this action research were quantitative and qualitative ones. Techniques of collecting data used were interview, direct observation, test and documentation. The data validation was conducted using source and method triangulations. The test validation was carried out using content validity technique. The quantitative data analysis was done using descriptive comparative statistic technique. Meanwhile the qualitative data analysis was conducted using interview and direct observation. The research procedure included: (1) problem identification, (2) action preparation, (3) action plan development, (4) action implementation, (5) observation and interpretation, (6) reflection, and (7) report writing stages.
The result of research showed that the application of talking stick and snowball throwing learning method could improve learning understanding of students. It could be seen from the improved absorbability on teaching material, students’ understanding in class and group discussions, and the students’ correctness in developing question and solving the test problem from the teacher. In prior action stage, the proportion of students fulfilling the Minimum Passing Criteria (KKM) was 32.14% (9 students) and those not fulfilling was 67.86% (19 students).

In cycle I, the proportion of students fulfilling the Minimum Passing Criteria (KKM) increased to 85.71% (24 students) and those not fulfilling was 14.29% (4 students). In cycle II, the proportion of students fulfilling the Minimum Passing Criteria (KKM) increased to 96.43% (27 students) and those not fulfilling was 3.57% (1 student). From the result of research, it could be concluded that the application of talking stick and snowball throwing learning method could improve the accounting learning understanding of the XI IPS 2 graders of SMA Negeri 1 Ngemplak.

Keywords: talking stick and snowball throwing learning method, understanding.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.