candi borobudur kerajaan di indonesia

Implementasi Sistem Pendidikan Integrasi di Pondok Pesantren Al Huda Jetis Kutosari Kebumen

KHOLILUDIN KHOLILUDIN

Abstract


Latar Belakang: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem pendidikan integrasi di Pondok Pesantren Al-Huda Jetis Desa Kutosari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen, serta untuk mengetahui pengaruhnya terhadap peserta didik di lembaga tersebut.

Metode:Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif,  menggunakan sumber data  informan (pengasuh pondok/ketua yayasan, kepala sekolah/kepala madrasah, pengurus pondok, santri/siswa, komite sekolah), dokumen, dan proses belajar mengajarnya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, dan analisa dokumen. Instrumennya adalah pedoman wawancara, catatan lapangan, lembar dokumentasi, perekam wawancara (mp4 recorder) dan kamera digital. Analisis datanya dengan melakukan transkripsi hasil rekaman untuk selanjutnya dianalisa secara kualitatif.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan Pondok Pesantren Al Huda Jetis memadukan lembaga pendidikan pesantren yang berkonsentrasi pada pendalaman ilmu-ilmu agama/tafaquh fiddin dengan lembaga pendidikan sekolah atau sekolah dan madrasah pada pendalaman ilmu umum di bawah naungan yayasan Kholidiyyah, dengan demikian pondok tersebut sudah menerapkan sistem pendidikan integrasi yaitu integrasi secara kelembagaan dan integrasi imtaq dan iptek, hal ini dapat dibuktikan dengan sudah berdirinya lembaga pendidikan umum, tingkat SLTP dan SLTA di pondok pesantren Al Huda yaitu SMP VIP (versi integrasi pesantren) Al Huda dan SMK VIP (versi integrasi pesantren) Al Huda yang dilaksanakan secara terpadu (boording school).  Implementasi sistem pendidikan integrasi di pondok pesantren tersebut akan dapat menghasilkan putra-putri bangsa yang memiliki harkat dan martabat tinggi, sehingga mampu menjadi pelopor pembangunan bagi dirinya maupun bagi bangsa dan negara dan menjadi penyangga yang kuat dan kokoh bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta iman dan taqwa (imtaq).

 

Kata kunci: integratif, kompetetif,  inovatif, akademis, agamis


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.