candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK

Sardiyo Sardiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran melalui supervisi akademis di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I sebagian guru (8 guru/57,14% ) telah mengalami peningkatan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran. Pada siklus II sebanyak (12 guru/85,71% ) telah mengalami peningkatan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran telah menerapkan langkah-langkah berdasarkan skenario pembelajaran yang telah di susun (pendahuluan, penjelasan prosedur pembelajaran, penyajian problematika masalah, mengumpulkan informasi/data, memcari jawaban sementara, mengumpulkan data untuk menguji jawaban sementara dan menarik kesimpulan sebagai temuan dari proses pencarian konsep.

Kata Kunci: kemampuan guru, Pengelolaan Pembelajaran, Supervisi Akademis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.