candi borobudur kerajaan di indonesia

Urgensi Pemanfaatan Multimedia dalam Pendidikan Islam

Achmad Setiawan, Nunuk Suryani Suryani, Asrowi A.

Abstract


Teknologi pendidikan memiliki peran penting dalam pembelajaran pada era teknologi informasi saat ini. Perkembangan teknologi informasi sudah sangat luas sehingga perlu dimanfaatkan secara optimal. Peralatan teknologi pendidikan yang berupa multimedia merupakan gabungan dari beberapa media yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran. Manfaat yang bisa dirasakan ketika memanfaatkannyaadalah mampu meningkatkan interaksi siswa, meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta membantu dalam penyampaian materi secara efektif dan efisien. Pendidikan islambertujuan untuk mengembangkan semua aspek dalam kehidupan manusia yang meliputi spritual, intelektual, imajinasi, keilmiahan; baik individu maupun kelompok, dan memberi dorongan bagi dinamika aspek-aspek tersebut menuju kebaikan dan pencapaian kesempurnaan hidup, baik dalam hubungannya dengan sang Pencipta, sesama manusia, maupun dengan alam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti terdahulu  yang disajikan dalam artikel ini menunjukkan multimedia sangat bermanfaat dalam meningkatkan hasil belajar. Disamping itu multimedia juga bisa dimanfaatkan untuk program mengatasi kesulitan belajar pada golongan berkebutuhan khusus dalam berbagai macam disiplin ilmu. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan islam sangat perlu untuk memanfaatkan multimedia pembelajaran agar proses pembelajaran bisa berjalan optimal sehingga tujuan pembelajaran dalam pendidikan islam bisa tercapai.

 

Kata kunci: teknologi pendidikan; multimedia pembelajaran; pendidikan islam

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin. (2015). Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tarbiya Vol. 1 No: 1.

Alessy, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimrdia for Learning: Method and Development. Boston: Allyn & Bacon.

Aloraini, S. (2012). The impact of using multimedia on students’ academic achievement in the College of Education at King Saud University. Journal of King Saud University - Languages and Translation, 78.

Arifin, H. M. (1991). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Barkhuus, L. (2005). Bring Your Own Laptop Unless You Want to Follow the Lecture: Alternative Communication in The Classroom. Proceeding of 2005 International ACM SIGGROUP Conference on Supporting Group Work (hal. 140-143). Florida: ACM.

Barzegar, N., Farjad, S., & Hosseini, N. (2012). The effect of teaching model based on multimedia and network on the student learning (case study:Guidance schools in Iran). Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Buaud, A., Svenson, H., Archambault, D., Burger, D., & Miessenberg, K. (2002). Multimedia Games for Virtually Impaired Children. International Computers Helping People with Special Needs (ICCHP) (hal. 173-180). Berlin: Springer.

Carrol, S., Jody, S., & Craig Warner. (2008, March). An Interdiciplinary Major Empasizing Multimedia. Proceedings of the 39th SIGCSE Technical Symposium on Computer Science Education (hal. 388-391). Portland: ACM.

Depag RI. (2004). Sejarah Madrasah; pertumbuhan, dinamika dan perkembangan di Indonesia. Jakarta: Depag RI.

Fikri, M. (2011). Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. 9 No.1, 116-129.

Hede, T., & Hede, A. (2002). Multimedia Effect on Learning: Design Implication of an Integrated Model In S. McNamara and E. Stacey (Eds). Proceedings ASET Conference. Melbourne: http://www.aset.org.au/confs/2002/hede-t.html.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Reflection on the 2008 AECT. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Jusoh, W. W., & Jusoff, K. (2009). Using Multimedia in Teaching Islamic Studi. Journal Media and Communication Studies Vol. 1 (5), 86-94.

Kalavathy, G. M. (2009). Parallel Performance Monitoring Servise for Dynamically Composed Media Web Services. Journal of Computer Science, Science Publication.

Kontantinidis, E. I., Luneski, A., & Nikolaidon, M. M. (2009). Using affective avatars and rich multimedia content for education of children with autism. Proceedings of the 2nd International Conference on Pervasive Technologies Related to Assistive Environments. Workshop on AHETA: "Assistive Healthcare & Educational Technologies for Special Target Groups. Corfu: ACM.

Krippel, G., McKee, A. J., & Moody, J. (2010). Multimedia Use in Higher Education: Promises and Pitfalls. Journal of Intructional Pedagogies Vol. 2, 1-8.

Ma, A. K., O'Toole, J., & Keppel, M. (2008). An Investigationof Student Teacher's Attitudes to the Use of Media Triggered Problem Based Learning. Australasian Journal of Educational Technology, 24(3), 311-325.

Malik, S., & Agarwal, A. (2012). Use of Multimedia as a New Educational Technology Tool - A Study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 2 No. 5, 468-471.

Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Murphy, T. (2007). Williams instructional technology: summer students working on faculty projects. Proceedings of the 35th Annual ACM SIGUCCS Conference on User Services 2007. Florida: ACM.

Murray, N. G., Opuni, K. A., Reininger, B., Session, N., Mowry, M. M., & Hobbs, M. (2009). A Multimedia Educational Program That Increases A Multimedia Educational Program That Increases Middle-School Students. Academic Medicine, 803-811.

Noordin, T. A., & Aini, N. (2002). Pendidikan dan Pembangunan Manusia: Pendekatan Persepadu. Bangi: As-Syabab Media Malaysia - Universiti Utara Malaysia.

Omagbemi, C. O., Akinola, B. A., & Olayiwola, I. B. (2004). Academic Libraries, The Internet and It's Potential Impact on Teaching and Learning in Nigerian Teritiary Institution. Journall of Library and Information Science, Vol. 1, 34-46.

Parekh. (2006). Principles of Multimedia. New Delhi: Tata McGraw-Hill.

Park, S. H., Kim, S. Y., & Choo, J. H. (2009). New Media to Create Integrating Art Therapy: Animation Therapy. Proceeding of SIGGRAPH Asia 2009. Yokohama: ACM.

Radford, A. (1997). The Future of Multimedia in Education. First Monday Vol. 2.

Rianie, N. (2015). Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam. Management of Education Vol. 1, 105-118.

Riswandi, D. (2016). Use of Youtube-Based Videos to Improve Student's Speaking Skill. International Conference on Teacher Training and Education. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sanaky, H. A. (2008). Pendidikan Islam di Indonesia, SUatu Kajian Upaya Pemberdayaan. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan Insania Vol. 13 No. 1, 15-24.

SEG Research. (2008). Understanding Multimedia Learning: Integrating Multimedia. New Hope, Pensylvania: BrainPOP.

Sethi, A. (2005). Multimedia Education: Theory And Practice. New Delhi: International Scientific Publication.

Shank, P. (2005). The Vlue of Multimedia Learning. On-line: Adobe Design Centre.

Shiung, T. K. (2007). Kajian Mengenai Penggunaan E-Pembelajaran (E-Learning) Di Kalangan Pelajar Jurusan Pendidikan Teknik dan Vokasional di Institusi Pengajian Tinggi (IPTA) Negeri J. Johor: Universiti Teknologi Malaysia.

Taqiyudin. (2008). Sejarah Pendidikan, Melacak Geologi Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Mulia Press.

Vaughan, T. (2011). Multimedia: Making It Works 8th Edition. New York: McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.