candi borobudur kerajaan di indonesia

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Aprin Wirastanti, Sudiyanto -, Sukirman -

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi. Metode  penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Surakarta yang berjumlah 51 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dalam hal ini adalah Exploratory Factor Analisis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua belas faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi. Faktor- faktor tersebut adalah faktor motivasi,faktor pancaindera, faktor relasi guru dengan siswa, faktor perhatian orang tua, faktor disiplin sekolah, faktor relasi siswa dengan siswa, faktor relasi antar angggota keluarga, faktor alat pembelajaran, faktor teman bergaul, faktor pancaindera, faktor pengertian orang tua, faktor relasi guru dengan siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat faktor baru yang dapat mempengaruhi prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: faktor ekstenal dan internal, prestasi belajar Akuntansi

 

ABSTRACT

 

The aim of this research is to know what the factors are influencing students accounting. Research method used in this research is descriptive quantitative. Population in this research is all students of XI IPS Madrasah Aliyah Surakarta which consist of 51 students. The collecting data techniques done by observing, interviewing, documentating, and questionnaire. The analysis data techniques that used in this research was factor analysis called Exploratory Factor Analysis

The result of research concluded are 12 factors affecting accounting. Those factors are the motivation factors, the five sense factors, relationship between theacher and students factors,relationship between family member factors, shcool dicipline factors, relation between the students factors, the learning tools factors, the associate friends factors, the five sense factors, relationship between family member factors,and between theacher and students factors, the parents understanding factors, and the The conclusion from this research was there are a new factor affecting accounting learning achievement in XI IPS graders of Madrasah Aliyah Surakarta in the school year 2014/2015.

Keywords: internal and external factor, accounting learning achievement


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693