candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DENGAN TEKNIK PENGHARGAAN (REWARD)

Nenie Lisyaningrum, Susilaningsih -, Dini Octoria

Abstract


ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dengan teknik penghargaan (reward). Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Bintang Harapan*, dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Sumber data penelitian ini berasal dari siswa. Pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dengan teknik penghargaan (reward) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi siswa. Kualitas pembelajaran ditinjau dari dua segi yaitu segi proses, indikatornya adalah motivasi belajar siswa dan partisipasi siswa dan segi hasil, indikatornya adalah hasil belajar siswa aspek kognitif. Indikator motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 49,35% menjadi 71,10% di siklus I, dan menjadi 80,14% di siklus II. Indikator partisipasi siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 19,11%, menjadi 52,89% di siklus I, dan menjadi 94,48% di siklus II. Indikator hasil belajar siswa aspek kognitif mengalami peningkatan pada prasiklus sebesar 38,23% menjadi 67,65%di siklus I dan menjadi 85,29% di siklus II.

*Merupakan nama samaran

Kata kunci: Strategi pembelajaran aktif, motivasi belajar siswa, partisipasi siswa, hasil belajar siswa.

  

ABSTRACT

 

The objective  of this research is to improve the Accounting learning quality through the application of the active learning strategy of the index card match type with reward technique. This research used the Classroom Action Research procedure with two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subject of research was all of the students as many as 34, 17 males and 17 females, in Grade XI of Social Science 1 in State Senior Secondary School Bintang Harapan*. The data source of research was the students.The data were collected through test, observation, in-depth interview, documentation, and questionaire. They were validated by using the data source and method triangulations and analyzed by using the statistical, descriptive, and interactive models of analyses.

The application of the active learning strategy of the index card match type with reward technique can improve the students’ Accounting learning quality. The learning quality is viewed from learning process and achievement. The former includes the students’ learning motivation participation indicators, and the latter includes the students’ cognitive aspect. The percentage of the students’ learning motivation is 49.35 in Pre-cycle. Following the treatment it becomes 71.10% in Cycle I and 80.14% in Cycle II respectively. Moreover, the percentage of the students’ participation is 19.11% in Pre-cycle. Following the treatment, it becomes 52.89% in Cycle I, 94.48% in Cycle II. Finally, the percentage of the students who fulfilled the minimum learning completeness is 38.23%. Following the treatment, it becomes 67.65% in Cycle I and 85.29% in Cycle II.

*Represents the pseudonym

Keywords: Active learning strategy, students’ learning motivation, students’ learning participation, students’ learning achievement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693