candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DAN MAKE A MATCH

Rasyiid Ghoniyyu Rauufuddin, Sigit Santoso, Elvia Ivada

Abstract


ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada  peningkatan hasil belajar akuntansi melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dan make a match pada siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus di mana masing-masing siklus dilakukan dalam empat tahapan, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi/evaluasi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 36 siswa yang dengan komposisi 36 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik evaluasi berupa tes.

Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dan make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar ranah kognitif menunjukkan peningkatan dari 66,67% atau  24 siswa pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11% atau 31 siswa, (2) Hasil belajar ranah afektif menunjukkan peningkatan yaitu siswa menjadi lebih berpartisipasi dalam pembelajaran pada siklus I nilai siswa dengan nilai kategori ≥ Baik adalah 72,22% atau 26 siswa dan meningkat menjadi 86,11% atau 31 siswa pada siklus II, (3) )   Hasil belajar ranah psikomotorik menunjukan peningkatan yaitu siswa yang mendapat nilai dengan kategori ≥B adalah 58,33% atau 21 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 91,67% atau 33 siswa.

Kata kunci: Metode pembelajaran tutor sebaya, make a match, hasil belajar.


ABSTRACT

 

The objective of this research is to investigate whether or not there is an improvement of the learning result in the Accounting subject matter through the application of the peer tutoring and make-a-match learning methods of the students in Grade X Office Administration 1 of State Vocational High School 1 of Banyudono in Academic Year 2014/2015.

This research used the classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection/evaluation. The subjects of research were all of the students as many as 36 in Grade X Office Administration 1 of State Vocational High School 1 of Banyudono in Academic Year 2014/2015. The research was collaboratively done with the Accounting subject matter teacher. The data of research were collected through observation, in-depth interview, documentation, and test.

The result of research shows that the application of the peer tutoring and make-a- match learning methods can improve the learning result in the Accounting subject matter of the students in Grade X Office Administration 1 of State Vocational High School 1 of Banyudono in Academic Year 2014/2015: 1) The number of students whose learning result increases in the cognitive domain is 24 (66.67%) in Cycle I and 31 (86.11%) in Cycle II respectively.  2) The learning result in the affective domain with the score category > Good increases, i.e. the students taking more participation in the learning process. The number of the students with the score category of >Good   is 26 (72.22%) in Cycle I and 31 (86.11%) in Cycle II respectively. 3) The learning result in the psychomotor domain with the score category > B also increases. The number of the students with the score category of >  B is 21 (58.33%) in Cycle I and 33 (91.67%) in Cycle II respectively.

Keywords: Peer tutoring, make-a-match, learning result


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693