candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMKNKARANGANYAR

Gandes Tri Wahyuni, Sudiyanto -, Sukirman -

Abstract


  ABSTRAK


Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar akuntansi pada peserta didik SMK Negeri 1 Karanganyar relatif rendah. Salah satu penyebabnya karena masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan kurangnya respon serta antusiasme siswa terhadap pembelajaran akuntansi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Akuntansi dikelas SMK Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan strategi pembelajaran dengan model pembelajaran contekstual teaching learning (CTL) dilengkapi dengan media word square.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakandilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru, dan melibatkan partisipasi siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 1 SMKN 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa.Sumber data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini antara lain: informan, tempat/lokasi, aktivitas, dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: observasi/pengamatan, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber data, review informan kunci, dan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif untuk data kuantitatif dan teknik analisis kritis untuk data kualitatif. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Siklus pertama dan kedua dilakukan masing-masing dalam tiga kali pertemuan selama 6 x 45 menit.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajarancontekstual teaching learning (CTL) dilengkapi media word square untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan prestasi belajar rendah, dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75 atau 3,0 (skala 4), hanya 60% pada aspek afektif, 68% pada aspek psikomotor, dan 69,35% pada aspek kognitif dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menetapkan indikator kinerja untuk ketuntasan prestasi belajar adalah 75%. Aspek kognitif siswa meningkat dari 73,35% pada siklus I menjadi 80,21% pada siklus II. Aspek afektif siswa meningkat dari 66% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Aspek psikomotor  siswa meningkat dari 70% pada siklus I dan 80% pada siklus II.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching Learning (CTL) dilengkapi media word square dapat meningkatkan hasil belajar mata pelejaran akuntansi siswa kelas X Ak 1 SMK Negeri 1 Karanganyar.

Kata kunci: Contekstual Teaching Learning (CTL), hasil belajar, media word square, Pembelajaran Akuntansi.

 

ABSTRACT

 

This research was held because achievement of accounting in the students of SMK Negeri 1 of Karanganyar was relatively low. One cause of the problem because of the conventional learning models that used and the lack of response and the enthusiasm of students to learning accounting.Thereforethe objective of research was to find out the improvement of student learning achievement of State Vocational High School 1 Karanganyar in the school year of 2014/2015,  using learning strategy with Contextual Teaching Learning (CTL) model equipped with word square.

This study was a Classroom Action Research (CAR). This study was conducted with the collaboration between author, teacher, and involving the student participation. The subject of research was the 10thFinance graders of SMK Negeri 1 Karanganyar in the school year of 2014/2015, consisting of 36 students. The data sources used in this action research were: observation, interview, document study, and test. To validate the data, the author employed method triangulation, data source triangulation, key informant review, and content validity. The data analysis was carried out using a descriptive comparative technique for qualitative data and critical analytical technique for qualitative data. The research procedureincluded: (1) planning, (2) acting, (3) observing and interpreting, and (4) analyzing and reflecting. The first and second cycles were conducted in three 6 x 45 minute-meetings, respectively.

The result of research showed that the application of Contextual Teaching Learning (CTL)learning equipped with word square media to improve the accounting learning achievement in the 10th graders of State Vocational High School 1 Karanganyar from precycle, cycle I, and cycle II. In pre-cycle, the learning achievement was low, with Minimum Passing Criterion (KKM) of 75 or 3.0 (scale 4), only 60% in affective aspect, 68% in psychomotor aspect, and 69.35% in cognitive aspect in economic subject. This research determined performance for learning achievement passing was 75%.The students’ cognitive aspect increased from 70.91% in cycle I to 80.21% in cycle II. The students’ affective aspect increased from 66% in cycle I to 84% in cycle II. The students’ psychomotor improved from 70% in cycle I and 80% in cycle II.

The conclusion was that the application of Contextual Teaching Learning (CTL) model equipped with word square media could improve the accountingachievement in the 10th graders of State Vocational High School 1 Karanganyar in the school year.

Keywords: Contextual Teaching Learning (CTL), achievement, word square media, accounting learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693