candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MAHASISWA DAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI KEUANGAN

Rebecca Ratna Paramita, Sri Witurachmi, Nurhasan Hamidi

Abstract


ABSTRACT
The research aims to know the influences of (1) educational background influence toward learning achievement of basic financial accounting; (2) achievement motivation student influence toward learning achievement of basic financial accounting; (3) educational background and achievement motivation student simultaneously on achievement of learning in basic financial accounting. This study used quantitative methode. The population of this study consisted of all the 187 students. Out of the population 123 student were selected as sample by using proportional cluster sampling technique. The data were collected by distributing Likert scale questionnaires and by score of basic financial accounting documents. The results showed that (1) the educational background of the students has a positive and significant relationship between towards learning achievement of basic financial accounting, which shown by t value 5,772 > t table (1,658) and significant value 0,000 < 0,05 (2) achievement motivation has a positive and significant relationship towards learning achievement of basic financial accounting, which shown by t value 2,946 > t table (1,658) and significant value 0,004 < 0,05 (3) the variable of the students’s educational background and achievement motivation simultaneously had a significant contribution on learning achievement, which shown by F value 28,681 > Ftable (3,07).
Keywords : educational background, achievement motivation, learning achievement, basic financial accounting
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan; (2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan; (3) pengaruh latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel berjumlah 123 peserta didik yang diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda dengan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi, dibuktikan dengan nilai 5,772 > t tabel (1,658) dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 berarti lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha1 diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) terdapat pengaruh motivasi berprestasi mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi, dibuktikan dengan diperolehnya nilai t 2,946> t tabel (1,658) dengan nilai probabilitas sebesar 0,004 berarti lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha2 diterima pada taraf signifikansi 5%. (3) terdapat pengaruh latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan, terbukti dengan diperolehnya nilai F 28,681 > Ftabel (3,07) dengan nilai signifikannya sebesar 0,000 maka Ho ditolak dan Ha3 diterima.
Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar, Dasar- dasar Akuntansi Keuangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693