candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI PENYEIMBANGAN PERAN GANDA PEREMPUAN (STUDI KASUS PADA PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEREMPUAN BEKERJA DI DUSUN KAPLINGAN, KECAMATAN JEBRES, KOTA SURAKARTA)

Dania Aini

Sari


ABSTRAK

Dania Nurul Aini. K8412014. STRATEGI PENYEIMBANGAN PERAN GANDA PEREMPUAN (STUDI KASUS PADA PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEREMPUAN BEKERJA DI DUSUN KAPLINGAN, KECAMATAN JEBRES, KOTA SURAKARTA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan perempuan bekerja dan strategi penyeimbangan peran ganda. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Kaplingan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta dengan subyek penelitian perempuan yang bekerja sekaligus memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data berasal dari wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan kunci yaitu perempuan yang bekerja sekaligus memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga, dan suami dari perempuan yang bekerja tersebut. Observasi berkaitan dengan perilaku, situasi dan suasana dalam penyeimbangan peran yang dilakukan perempuan setelah bekerja ketika berada di rumah. Dokumentasi yang digunakan berupa foto ketika wawancara sedang berlangsung dengan informan dan interaksi serta kedekatan informan dengan keluarganya. Teknik pengambilan informan yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai alasan yang mendasari dalam proses pengambilan keputusan perempuan bekerja yaitu sebagai ajang untuk aktualisasi diri, sarana ibadah, membantu perekonomian keluarga, keinginan dari diri sendiri, bosan di rumah, serta adanya kesempatan bekerja yang dirasa sayang jika dilewatkan begitu saja.

Berbagai alasan tersebut masing-masing tidak selalu memiliki fungsi laten (fungsi yang diharapkan) tetapi juga terdapat fungsi manifest (fungsi yang tidak diharapkan). Sehingga, dalam mengatasinya, terdapat strategi penyeimbangan peran yang diterapkan oleh perempuan bekerja di Dusun Kaplingan yaitu dengan menitipkan anak pada orang terdekat, menghabiskan waktu bersama keluarga saat hari libur kerja, tetap memantau perkembangan dan pendidikan anak, memberikan pengertian kepada anak tentang pekerjaan yang dilakukan, dan membagi waktu sesuai pada ruangnya. Strategi yang dilakukan adalah sebagai mekanisme alternatif fungsional yang digunakan untuk menjaga keseimbangan peran sehingga keteraturan sistem tetap dapat tercapai.

Kata Kunci : Strategi, Peran Ganda, Proses Pengambilan Keputusan, Perempuan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.