candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI ADAPTASI MENJADI SINGLE MOTHER (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PEREMPUAN SINGLE MOTHER DI DESA CEPOKOSAWIT KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI)

Alfina Rahayu

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) makna perempuan dalam kehidupan menjadi seorang single mother di masyarakat Desa Cepokosawit; (2) penerapan strategi ekonomi yang dilakukan single mother sebagai orangtua tunggal dalam mempertahankan kelangsungan hidup keluarganya di Desa Cepokosawit.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menghasilkan dan mengolah data penelitian yang sifatnya deskriptif, seperti transkrip wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga perempuan di Desa Cepokosait, Kecamatan Sawit, Boyolali. Informan yang terpilih adalah beberapa single mother di Desa Cepokosawit. Teknik pengambilan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, yaitu (1) informan adalah seorang single mother yang telah berpisah dengan suaminya minimal selama 4 tahun; (2) mempunyai tanggungan anak yang masih sekolah dan belum menikah; (3) berasal dari keluarga menengah kebawah. Pengumpuan data dilaksanakan dengan teknik wawancara dan observasi tentang kehidupan single mother dalam menjalankan perannya sebagai pencari nafkah utama keluarga. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data (data reduction), sajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data (conclution drawing).

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, pemaknaan single mother di Desa Cepokosawit adalah sebagai wanita tangguh yang mempunyai daya juang hidup tinggi. Bentuk ketangguhan dan perjuangan hidup yang tinggi tersebut terlihat dari bagaimana single mother dalam menangani ranah domestik yaitu mengurus rumah dan mendidik anak seorang diri serta dalam ranah publik menjadi pejuang keras sebagai tulang punggung keluarga. Kedua, strategi adaptasi ekonomi pada keluarga single mother nampak pada bagaimana mereka menyelaraskan antara jumlah pendapatan dengan kebutuhan hidup keluarga setiap harinya. Bentuk perencanaan ekonomi juga terlihat dari cara single mother menabung, menyisihkan sebagaian pendapatannya sedikit demi sedikit yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya dan digunakan untuk kebutuhan yang mendesak. Sebagian single mother yang tidak bisa menabung dan kekurangan biaya pendidikan anaknya akan meminta bantuan kepada kerabat yang lebih mampu.

 

Kata Kunci : keluarga, stretegi, single mother

 

 


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.