candi borobudur kerajaan di indonesia

ALTERNATIF PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MELALUI TRADISI TU’U PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI DESA BATUTUA, ROTE BARAT DAYA, ROTE NDAO, NUSA TENGGARA TIMUR)

Desi Puspitasari

Sari


Abstrak& Kata Kunci

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, 1) Bagaimana sejarah dan bentuk-bentuk penyelenggaraan tu’u yang berkembang di masyarakat Batutua 2) Bagaimana tahapan penyelenggaraan tu’u pendidikan pada masyarakat Batutua 3) Bagaimana peran dan fungsi tradisi tu’u pendidikan dalam konteks masyarakat Batutua.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus intrinsik. Informan berasal dari masyarakat Batutua yang telah menyelenggarakan dan mengikuti tu’u pendidikan. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan data. Teknik analisis data menggunakan tahapan pemilahan, interpretasi dan abstraksi.

Hasil penelitian yang di peroleh yaitu: 1) Sejarah tu’u dimulai dari kebutuhan pendanaan untuk memenuhi kebutuhan belis perkawinan. Tu’u terbagi kedalam tu’u pernikahan, tu’u mencari pekerjaan, tu’u membangun rumah dan tu’u pendidikan.     2) Tahapan dalam penyelenggaraan tu’u dimulai dari mendengarkan manaleo, menyebar undangan, menata rumah, menunggu tamu dan mbale ndunak. 3) Secara struktural fungsional tu’u ini menjalankan fungsi-fungsi sosial sebagai pengikat hubungan, pembagian kekuasaan, pemenuhan ekonomi, mempertahankan identitas kebudayaan serta melestarikan kebudayaan yang terintegritas dengan kemajuan jaman.

 

 

Kata kunci : Tu’u pendidikan, pembiayaan, identitas


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.