candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KONSEP DRAMATURGI ERVING GOFFMAN DALAM POLA PENGGUNAAN RUANG PUBLIK KAFE OLEH MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA

Metta Melati

Sari


ABSTRAK

 

ANALISIS KONSEP DRAMATURGI ERVING GOFFMAN DALAM POLA PENGGUNAAN RUANG PUBLIK KAFE OLEH MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA. Metta Rahma Melati. K8412049. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016

Tujuan penelitian ini adalah untuk

  1. Mengetahui pemetaan ruang publik kafe di kota Surakarta.
  2. Mengetahui pola penggunaan ruang publik kafe oleh mahasiswa di kota Surakarta.
  3. Mengetahui bagaimana  konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa dalam pola penggunaan ruang publik kafe di Kota Surakarta terkait teori dramaturgi.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dilaksanakan dengan mengambil sampel sejumlah empat mahasiswa sebagai informan. Pengumpulan data untuk melihat pemetaan ruang publik kafe di kota Surakarta menggunakan metode observasi. Untuk mengetahui pola penggunaan ruang publik kafe oleh mahasiswa di kota Surakarta menggunakan metode wawancara. Selanjutnya untuk mengetahui bagaimana  konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa dalam pola penggunaan ruang publik kafe di Kota Surakarta terkait teori dramaturgi menggunakan metode wawancara pula.

Pemetaan kafe di Kota Surakarta menurut dikelompokkan peneliti menjadi tiga bagian yaitu Solo Bagian Timur, Solo Bagian Tengah, dan Solo Bagian Barat.  Pola penggunaan kafe oleh mahasiswa di ketahui sebagai berikut, kepentingan pribadi seperti pacaran, kualitas waktu dengan teman – teman, akdemik, waktu luang, dan kepentingan pekerjaan. Untuk konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa di dapat sebagi berikut, informan mengkonstruksi dirinya agar orang lain terkesan. Namun realiatasnya, mereka menggunakan strategi tertentu untuk membangun kesan tersebut, seperti menyisihkan uang dan mencari tambahan pendapatan dengan bekerja secara freelance.

 

Kata kunci : Kafe, mahasiswa, dan, dramaturgi.

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.