candi borobudur kerajaan di indonesia

EKSISTENSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah di SMA Negeri 1 Surakarta)

Isdhiega Subiyantara

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan siswa mengenai perpustakaan sekolah, untuk mengetahui dampak perkembangan teknologi informasi terhadap eksistensi perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Surakarta, dan untuk mengetahui upaya pihak sekolah dalam menjaga eksistensi perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan strategi studi kasus. Sumber data rimer didapat dari informan yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, pustakawan, siswa, dan guru. Sedangkan sumber data sekunder yaitu profil, dokumen, atau arsip sekolah. Teknik cuplikan yang digunakan yakni teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi langsung dan pengupulan dokumen. Untuk meningkatkan keshahihan data menggunakan teknik triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan pandangan siswa terhadap perpustakaan dipengaruhin oleh persepsi mereka tentang kelengkapan sarana prasarana perpustakaan. Siswa yang mempunyai pola balajar mandiri menanggapi positif keberadaan perpustakaan sekolah dengan memanfaatkannya secara aktif sebagai sumber belajar. Sedangkan siswa yang jarang berkunjung ke perpustakaan cenderung menyikapi perpustakaan sebagai tempat untuk mengeprint tugas dan tempat untuk berinternet. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan perpustakaan membenahi layanan dengan mengadakan sistem otomasi untuk mempermudah pelayanan kepada pengguna. Upaya pihak sekolah untuk mempertahankan eksistensi perpustakaan sekolah adalah dengan cara bekerjasama secara aktif dengan pihk pepustakaan.

 

Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Eksistensi, Perkembangan Teknologi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.